Discovery Learning dengan Berbantuan Canva Tingkatkan Hasil Belajar Geografi

Oleh: Teguh Iskandar, S.Pd
Guru SMA N 1 Mijen, Kab. Demak

PEMBELAJARAN adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Berbagai upaya dilakukan guru agar peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Yaitu selama proses pembelajaran berlangsung guru menerangkan, sedangkan peserta didik mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru.

Kewajiban guru tidak hanya memberi pengetahuan. Tetapi juga dapat mengubah perilaku peserta didik dan memberikan dorongan positif. Sehingga peserta didik dapat termotivasi, dan dapat berkembang semaksimal mungkin.

Seringkali guru kurang memperhatikan teknik mengajar dengan menerapkan metode ceramah dari hari ke hari. Sehingga peserta didik merasa jenuh, bosan, bahkan malas-malasan mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada penurunan prestasi belajar peserta didik.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, maka guru harus memiliki inovasi dan kreativitas dalam mengajar. Dalam mengajar, guru harus memotivasi peserta didik agar aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat memiliki kompetensi baik dalam pengetahuan maupun keterampilan. Selain itu proses pembelajaran harus mengarah pada pembelajaran yang menyenangkan, agar dapat meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran geografi.

Berdasarkan pengamatan, hasil belajar geografi kelas XII IPS SMA N 1 Mijen Kabupaten Demak tahun 2022/2023 belum optimal. Khususnya pada materi Perencanaan Wilayah. Perencanaan wilayah merupakan materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Karena terkait dengan banyaknya teori dan kesulitan dalam menemukan perencanaan yang cocok untuk diterapkan di suatu wilayah. Hal ini menyebabkan murid kurang tertarik untuk mempelajarinya yang menyebabkan hasil belajar menjadi rendah.

Untuk mengatasi hasil belajar yang rendah dan agar proses belajar menyenangkan serta dapat mengaktifkan peserta didik untuk mengkonstruksi materi pelajaran, penulis mencoba menerapkan model pembelajaran discovey learning. Menurut Effendi (2012), discovery learning merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan.

Sedangkan menurut Kurniasih & Sani (2014) discovery learning didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila materi pembelajaran tidak disajikan dalam bentuk finalnya. Tetapi diharapkan peserta didik mengorganisasi sendiri. Dalam model pembelajaran ini penulis mengkombinasikannya dengan Canva untuk presentasi hasil.

Dalam pembelajaran geografi kelas XII IPS materi Wilayah dan Tata Ruang memiliki kompetensi dasar memahami konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan tata ruang nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Pada kompetensi ini, peserta didik harus dapat memahami wilayah dan pewilayahan serta merencanakan tata ruang wilayah.

Adapun langkah-langkah yang penulis lakukan adalah sebagai berikut. Pertama, membagi kelompok yang terdiri dari lima sampai enam orang. Kedua, setiap kelompok diberi peta wilayah dan pertanyaan terkait tata ruang wilayah tersebut.

Ketiga, setiap kelompok diharuskan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada tata ruang tersebut dengan merumuskan hipotesis atas masalah tersebut. Keempat, setiap kelompok mencari informasi dari berbagai sumber. Yaitu mencari literatur untuk membuktikan hipotesis tersebut.

Kelima, kelompok mendiskusikan tentang penyebab dan upaya mengatasi permasalahan tata ruang wilayah. Keenam, peserta didik mencatat poin-poin penting yang diperoleh dan menyusunnya dalam suatu bentuk untuk dipresentasikan. Yaitu peserta didik menyusunlaporan dalam bentuk presentasi Canva. Ketujuh, setiap kelompok mempresentasikan hasilnya. Kedelapan, guru menyimpulkan hasil berdasarkan materi yang dipresentasikan oleh peserta didik.

Setelah kegiatan pembelajaran materi Wilayah dan Tata Ruang selesai, penulis mengadakan tes tertulis untuk materi tersebut. Hasilnya menunjukkan ada peningkatan dari tahun sebelumnya untuk materi yang sama walaupun belum terlalu signifikan. Namun demikian dapat dikatakan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik. (*)