Gelontorkan Rp 50 Juta untuk Atasi Masalah Sampah

Lurah Tanaman, Hartoyo
Lurah Tanaman, Hartoyo. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

BANTUL, Joglo Jateng – Penanganan sampah yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Bantul sudah semakin membaik. Hal ini dikarenakan kesadaran oleh warga, serta dukungan dari pemerintah tingkat kalurahan.

Lurah Tamanan, Hartoyo menyebutkan, telah menerima sekitar Rp 50 juta untuk menanggulangi permasalahan sampah. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati yang ditujukan untuk menindaklanjuti APBKal.

“Dana APBKal Tamanan sendiri sekitar Rp 31.734.000. Kami juga menerima dana tersebut untuk mengatasi sampah. Sehingga tetap dapat dialokasikan untuk kesehatan dan kesejahteraan warga,” tuturnya.

Baca juga:  Disdikpora DIY Wajibkan Semua Sekolah Terima ABK

Sebelumnya, dana APBKal ini telah digunakan untuk pembelian tossa dan tong sampah untuk pembinaan warga. Meskipun akhirnya diganti oleh dana pemasukan sampah dari bupati.

“Untuk saat ini, seluruh dana tersebut telah cair. Kemudian, kami tengah mengajukan proposal permohonan dana ke DLH Provinsi,” ungkapnya.

Menurutnya, sarana dan prasarana yang ada di Kalurahan Tamanan sendiri telah memadai. Termasuk juga tong sampah dan pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 3R umum.

“Tanah yang kosong juga telah kami alokasikan untuk pembuatan mengurug sampah-sampah organik. Dengan demikian, tidak menjadikan sampah semakin menumpuk,” terangnya.

Baca juga:  6 Kecelakaan dan 3 Korban Meninggal, Polres Bantul Pasang Ban Bekas dan Imbau Pengendara Berhati-hati di Jalan Imogiri-Dodogan

Pihaknya menambahkan, saat ini wilayah yang dipimpinnya sudah dinilai aman. Meskipun, sebelumnya terdapat banyak sampah yang bertumpukan, terutama di wilayah ringroad. “Jadi saya berinisiatif dan mengajak teman-teman untuk terjun langsung membersihkan sampah itu,” imbuhnya.(cr11/sam)