Sambut Wisatawan Mancanegara, Dispar Kota Yogyakarta Gelar Festival Prawirotaman

APIK: Penampilan tari di Festival Prawirotaman, tahun lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Festival Prawirotaman pada 25 sampai 26 Agustus 2023. Festival ini akan mengangkat tema Flower of Universe yang terinspirasi Batik Sekar Jagad.

Kepala Bidang (Kabid) Daya Tarik Pariwisata Dispar Kota Yogyakarta, Yurnelis Piliang mengatakan, Fastival Prawirotaman dilaksanakan untuk menyambut puncak wisatawan mancanegara yang datang ke Kota Yogyakarta pada Agustus. Bertepatan dengan musim panas (summer) di Eropa.

“Pelaksanaan Festival Prawirotaman ini akan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 25 dan 26 Agustus. Untuk tanggal 25 yang nantinya akan kita ambil venue di rooftop Prawirotaman,” ucapnya, Kamis (24/8/23).

Baca juga:  Dikpora DIY Larang Keras Perpeloncoan saat MPLS

Pada hari itu, kata dia, akan digelar beberapa kegiatan. Di antaranya talk show dan live musik. Setelah itu, pada Sabtu (26/8) acara akan dimulai pada 15:00 hingga 22:00 di Jalan Prawirotaman, dengan menampilkan semua potensi budaya disana.

MENARI: Wisatawan mancanegara saat mengikuti Festival Prawirotaman, tahun lalu.

“Nantinya kami akan menampilkan semua budaya Desa Wisata Dewa Bronto, Kampung Prawirotaman itu sendiri, flash mob, fashion show, serta menampilkan beberapa komunitas musik,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menjelaskan bahwa Prawirotaman telah menjadi kawasan wisata mancanegara. Festival yang akan dilaksanakan merupakan kolaborasi masyarakat setempat bersama pengelola kampung wisata Dewa Bronto.

Baca juga:  Pelatihan Digital Branding Tingkatkan Daya Tarik Wisata

“Kegiatan Festival Prawirotaman itu merupakan kolaborasi antara masyarakat disana dan Kampung Wisata Dewa Bronto. Yang nantinya kita juga akan menghadirkan UMKM yang ada,” kata dia. (riz/mg4)