TPA di Imogiri Dilahap Si Jago Merah

PADAMKAN: Petugas BPBD Bantul berupaya memadamkan api yang melahap TPA Dusun Karangrejek, Kalurahan Karangtengah, Kapanewon Imogiri, Rabu (23/8). (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dusun Karangrejek, Kalurahan Karangtengah, Kapanewon Imogiri, mengalami kebakaran, pada Rabu (23/8) pukul 17.00 sore hari. Datangnya si jago merah diduga disebabkan adanya reaksi gas tumpukan sampah.

Lurah Karangtengah, Hariyanto mengatakan, awalnya terjadi reaksi gas tumpukan sampah. Sehingga, menimbulkan kebakaran yang dipicu dari gas tersebut di TPA Dusun Karangrejek.

“Tidak ada kerugian material dan korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sedangkan kondisi gedung juga masih dalam keadaan baik,” ucapnya.

Sementara itu, praktisi sampah di desa setempat, Giyatno mengungkapkan, mengetahui keberadaan api di lokasi sekitar pukul 16.45 sore. “Dengan demikian, saya langsung menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul,” tuturnya.

Baca juga:  Pastikan Kendaraan Laik, Dishub Kota Yogyakarta Gelar Operasi

Sedangkan, tak butuh waktu lama tim yang dikerahkan BPBD Bantul mampu memadamkan api pada pukul 17.20. Selang 20 menit setelah terjadinya kebakaran yang melahap TPA tersebut.

Diketahui, TPA Karangrejek merupakan salah satu TPA yang memiliki luasan cukup luas. Yakni berukuran sekitar 8×12 meter.(sam)