Persiapkan Gen Z Hadapi Tantangan Dunia Digital

SUASANA : Festival Generasi Happy Hadir di Lapangan Parkir Marina Convention Center, Semarang, Sabtu (26/8/2023) malam. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Merujuk pada data Survei Status Literasi Digital di Indonesia 2022 yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tercatat bahwa Provinsi Jawa Tengah (Jateng) merupakan satu dari lima Provinsi di Indonesia dengan indeks literasi digital tertinggi. Yakni dengan skor 3,61.

Oleh karena itu perlu adanya persiapan untuk memberikan bekal ilmu. Khusunya pada generasi sekarang atau yang kerap disebut Gen Z. Sehingga mereka bisa lebih bijak pada saat menggunakan berbagai media sosial yang merupakan bagian dari perkembangan digital.

Festival Generasi Happy Semarang hadir untuk semakin memperkuat bekal literasi digital Gen Z di Semarang, agar dapat menghadapi tantangan dunia digital masa kini dan mendatang. Rangkaian program Generasi Happy 2023 diawali dengan kegiatan school & campus visit, kompetisi dance, dan puncaknya, Festival Generasi Happy yang digelar Sabtu (26/8/2023) malam di Lapangan Parkir Marina Convention Center, Semarang.

Baca juga:  Cegah Bahaya DBD, KKN Posko 10 UIN Walisongo Gelar Pemeriksaan Jentik Nyamuk Bersama Ibu-Ibu PKK Kelurahan Jatirejo

“Program Generasi Happy merupakan wujud nyata komitmen Tri dalam mendukung aktivitas generasi muda di dunia digital agar bisa berkarya secara kreatif dan positif. Hal ini sejalan dengan tantangan yang dihadapi oleh para Gen Z dalam penggunaan platform digital saat ini, seperti hoax, cyberbullying, ujaran kebencian, dan lain-lain,” kata Galuh Neftita, SVP Head of Brand & Marketing Communications Tri.

Dengan Festival Generasi Happy di Semarang, diharapkan dapat menciptakan ekosistem digital yang positif. Serta mengajak Gen Z untuk memanfaatkan dunia digital secara kreatif.

“Melalui program ini, kami memberikan edukasi tentang peran penting literasi digital dengan menggali inspirasi secara langsung dari para tokoh inspiratif serta content creator yang kami hadirkan,” imbuhnya.

Baca juga:  21 Peserta Siap Ikuti Pemilihan Duta Baca Kota Semarang

Pada kesempatan ini, Festival Generasi Happy di Semarang kali ini turut dimeriahkan oleh sederet musisi yang banyak diidolakan Gen Z. Antara lain Rossa dan Awdella, serta musisi kebanggaan Semarang, Figura Renata, dan Pertelon Koplo. Selain hiburan, panggung Festival Generasi Happy pun menghadirkan talkshow inspiratif yang mengusung tema Survival Kit Dunia Digital bersama Najwa Shihab, Jovial Da Lopez, Vina Muliana, dan Ardit Erwandha.

Sementara itu, Najwa Shihab turut memberikan arahan bagaimana Gen Z agar bijak menggunakan media sosial. Yakni dengan cara menciptakan standar yang sama, baik itu di dunia maya ataupun di dunia nyata. Sebab dengan begitu kita bisa hidup dengan aman tanpa melukai orang lain.

Baca juga:  Baznas Komitmen Dorong Pengentasan Kemiskinan di Jateng

“Seharusnya apa yang menjadi standar di dunia nyata itu tidak beda dengan dunia maya. Di Dunia nyata misalnya kita menjaga betul-betul harta berharga kita, sebelum kita pergi kita kunci kamar, kita kunci rumah, kita kunci gerbang. Seharusnya standar yang sama kita jaga juga di Dunia Maya, kita kunci semuanya data-data pribadi,” pesannya. (luk/mg4)