Ratusan Pelaku UMKM Ramaikan Festival di JCM

MENINJAU: Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat mengunjungi stand UMKM dalam Festival UMKM Sembada di Jogja City Mall, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SLEMAN, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman menggelar festival UMKM Sembada 2023. Sebanyak 130 pelaku ambil bagian dalam semarak kegiatan yang berlangsung sejak 24 hingga 27 Agustus ini.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, pihaknya mengapresiasi festival yang digelar di Jogja City Mall (JCM) itu. Adanya kegiatan tersebut dinilai menjadi upaya konkret untuk mendorong UMKM di Bumi Sembada menjadi naik kelas.

“Saya merasa bangga dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Dinkop UKM Sleman dengan festival UMKM ini,” terangnya, Minggu (27/8/23).

Baca juga:  The Overseas Immersion Program #2: Memperkaya Wawasan Artistik Mahasiswa NAFA dan ISI

Kustini menyebut, dengan adanya festival ini diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan dan melakukan inovasi tanpa batas. Inovasi diperlukan agar mereka bisa mempunyai mitra dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan festival itu, Pemkab Sleman juga terus mendorong agar UMKM selalu naik kelas. Sekaligus, bisa menyejahterakan masyarakat secara umum.

“Mitra-mitra yang sudah bekerja sama mari terus meningkatkan kualitas baik mutu, SDM, maupun produk,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinkop UKM Sleman Haris Martapa membenarkan, ada sebanyak 130 UMKM yang ikut serta dalam event ini. Dikatakan bahwa seluruh peserta festival UMKM Sembada ini merupakan kategori UMKM kelas menengah yang ada di Kabupaten Sleman.

Baca juga:  Cegah Kejahatan AI, Warga Diminta Speak Up

“Kalau di kabupaten Sleman ini UMKM ada lima kelas, dan yang ikut dalam festival ini ada di grade menengah, grade tiga atau empat. Artinya dalam perizinan sudah tidak ada masalah. Produksinya sudah mapan, pasarnya sudah ada, dan pemodalan sudah ada. Tinggal yang perlu ditingkatkan adalah inovasinya,” jelas Haris.

Lebih lanjut ia menerangkan, dalam festival ini dipamerkan berbagai jenis produk. Di antaranya produk kuliner, kerajinan, fashion, flora, produk kecantikan, dan lainnya. Pembelian produk-produk yang ada dalam festival UMKM Sembada ini juga bisa dilakukan secara online melalui kendisembada.com.

Baca juga:  Hidran Kampung Mudahkan Penanganan Kebakaran Padat Penduduk

Ia menambahkan, para pelaku UMKM yang terlibat secara umum sudah stabil. Itu mencakup proses produksi hingga pemasaran.

Grade-nya sudah tinggi. Tapi, yang harus ditingkatkan adalah inovasinya,” ungkapnya.

Melalui festival itu, pihaknya menargetkan akan banyak mitra-mitra baru dan juga dapat berinovasi lebih tinggi. Sebab, banyak pula UMKM yang hadir produknya sudah masuk ke pasar ekspor. (bam/mg4)