SMK Assai’diyyah 2 Kudus Gembleng Mental Siswa Melalui Seni Teater

Kepala Sekolah SMK Assai’diyyah 2 Kudus, Sugiyono.
Kepala Sekolah SMK Assai’diyyah 2 Kudus, Sugiyono. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – SMK Assai’diyyah 2 Kabupaten Kudus dalam waktu dekat akan membentuk ekstrakurikuler kesenian teater pelajar. Hal ini, sebagai bentuk upaya untuk mengembangkan dan melatih rasa percaya diri kepada siswa-siswi sekolah mereka.

Kepala SMK Assai’diyyah 2 Kudus, Sugiyono mengatakan, jika untuk kegiatan ekstrakurikuler, pihaknya menyerahkan langsung kepada pelajarnya terkait apa yang diinginkan. Sehingga sekolah tidak menentukan.

“Tahun ini kebetulan yang sudah jalan ekstrakurikuler pencak silat. Rencana juga ada teater pelajar. Kalau rebana kan sudah dari dulu untuk pesantrennya,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Posko PPDB Didominasi Aduan Perihal KK

Lebih lanjut, saat ini pelajar SMK Assai’diyyah 2 Kudus akan menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Maka, ekstra teater pelajar itu akan segera dijalankan. Menurutnya, teater kecil-kecilan itu merupakan program inisiasi dari salah saru perusahaan swasta. Karena teater itu mempunyai tujuan yang bagus.

“Hal baiknya itu termasuk mampu melatih mental anak bermain ketika diatas panggung. Contohnya membuat skrip cerita, menjadi pemain, pemeranan dan lainnya,” tuturnya.

Menurut survey yang dilakukan sekolah, ada anak SMK yang dalam skillnya itu bagus. Namun, untuk soft skill kurang, rasa kurang percaya diri kurang, mental kurang. Tentunya hal ini dapat dilihat dari segi wawancara. Oleh karena itu, siswa-siswi sangat butuh gemblengan melalui extra teater.

Baca juga:  Berikan Kemudahan Pelayanan Melalui Lansus Sutilang

“Dengan cara ngomong berbicara dan bermain panggung hal inilah yang dapat membuat maju siswa-siswa SMK,” tandasnya.

Ia melanjutkan, selain itu nantinya untuk manfaat akan dirasakan serupa dengan anak pondok. Yang mana, kesenian teater pelajar mampu mengembangkan keseluruhan dalam beberapa aspek untuk mereka. (cr12/fat)