Kudus  

Hartopo Imbau Masyarakat Perhatikan Standarisasi Instalasi Listrik

SERAHKAN: Bupati Kudus menyerahkan bantuan sosial secara simbolis berupa uang senilai Rp 10 juta kepada salah satu korban kebakaran, Selasa (29/8/23). (DISKOMINFO KUDUS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Rasa empati diberikan Bupati Kudus Hartopo pada masyarakat yang tengah dilanda musibah kebakaran. Bersama Baznas Kudus, Kepala OPD terkait, dan camat beserta unsur Forkopimcam setempat, pihaknya mengunjungi para korban sekaligus meyerahkan bantuan sosial secara simbolis, Selasa (29/8/23).

Bupati mengungkapkan, bantuan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kepada korban. Dengan batuan ini, diharap dapat meringankan beban mereka meski jumlahnya jauh dari yang dibutuhkan.

Pihaknya berpesan bahwa standarisasi instalasi kelistrikan wajib diperhatikan untuk meminimalisir korsleting listrik yang memicu kebakaran. “Kedepan, perhatikan instalasi listriknya. Gunakan bahan-bahan yang sesuai standar untuk meminimalisir korsleting listrik,” pesannya.

Baca juga:  Tim PPK Ormawa HIMATIKA UMK Gelar Pelatihan Budidaya Hidroponik Melon

Sebagai lembaga yang bergerak di bidang sosial dan selalu menjalin sinergi baik dengan Pemkab Kudus, Bupati Kudus Hartopo memberikan apresiasi untuk Baznas Kudus. Sebab, mereka selalu bergandeng tangan memberikan bantuan sosial pada masyarakat yang membutuhkan.

“Terima kasih dan apresiasi pada Baznas, sinergi ini selalu kami harapkan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pada masyarakat yang tertimpa musibah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kudus Noor Badi berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi keluarga korban  “Semoga dengan bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban para korban dalam memperbaiki kembali tempat tinggalnya sehingga layak huni,” harapnya.

Baca juga:  Alumni Muallimat Gelar Pelantikan dan Santunan Yatama

Noor Jamaah Syaiful, salah satu korban kebakaran di Dukuh Pagongan RT 03/01 Kelurahan Kajeksan, Kota, Kudus terharu mendapatkan bantuan dari Pemkab Kudus dan Baznas Kudus. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian dari pihak terkait.

Dijelaskannya, musibah kebakaran yang menimpanya dikarenakan faktor korsleting instalasi kelistrikan. Atas kejadian tersebut, seisi rumah telah ludes dilalap si jago merah.

“Penyebabnya karena korsleting di sekring listrik, kebetulan kita sekeluarga sedang tidak berada di rumah. Tiba-tiba ditelepon tetangga karena rumah terbakar,” jelasnya. (hms/fat)