MAN 5 Sleman Ajak Siswa Pahami Diri Sendiri untuk Raih Kesuksesan

RIANG: Siswa kelas X dan XI MAN 5 Sleman saat mengikuti BRUS di Aula sekolah belum lama ini. (DOK.SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

MADRASAH Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman menyelenggarakan acara Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) yang diikuti oleh 42 siswa dari kelas X dan XI. Berlangsung pada 24-25 Agustus di Aula Sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada siswa agar bisa memahami diri sendiri untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim mengatakan, BRUS merupakan momen penting dalam mendukung perkembangan holistik siswa. Melalui serangkaian materi dan interaksi yang bermakna, ia ingin membantu siswa memahami diri, mengatasi tantangan, serta meraih sukses di masa depan.

“Dalam kegiatan BRUS nantinya ada empat materi yang diangkat. Seperti Konsep Diri yang Sehat dan Membangun Jembatan Harapan, Tantangan Problematika Remaja dan Konsep Diri Remaja dalam Islam. Memahami Isu Khas Pergaulan Remaja dan Mengendalikan Diri serta Mengelola Emosi, serta Mengambil Keputusan serta Keterampilan Komunikasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Lima Partai Nonparlemen di Bantul Berkoalisi Jelang Pilkada

Untuk Konsep Diri yang Sehat dan Membangun Jembatan Harapan, peserta diajak untuk merenung dan memahami betapa pentingnya membangun pandangan positif tentang diri sendiri. Kemudian bagaimana membangun harapan yang kokoh untuk masa depan yang gemilang.

“Adapun Tantangan Problematika Remaja dan Konsep Diri Remaja dalam Islam, nantinya siswa akan mendalami tantangan-tantangan yang sering dihadapi remaja masa kini. Dan bagaimana prinsip-prinsip dalam Islam dapat membentuk konsep diri yang kuat,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Mustaqim, materi Memahami Isu Khas Pergaulan Remaja dan Mengendalikan Diri serta Mengelola Emosi akan mengajarkan peserta untuk memahami isu-isu yang unik dalam pergaulan remaja. Juga keterampilan mengelola emosi dalam berbagai situasi.

Baca juga:  Tim KSM MTsN 1 Pati Melenggang ke Tingkat Provinsi

Di materi terakhir, Mengambil Keputusan serta Keterampilan Komunikasi, siswa akan mempelajari strategi pengambilan keputusan yang bijaksana. Kemudian bagaimana berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi.

“Kegiatan tersebut dilakukan dengan diskusi kelompok, fun game, dan presentasi. Para siswa dilatih untuk saling bekerja sama dalam kelompok, melatih keberanian, dan melatih kemampuan berpikir untuk memecahkan berbagai isu atau masalah yang disajikan,” terang Mustaqim.

Sementara itu, Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan MAN 5 Sleman, Minda Herlina menuturkan, sebagai seorang pendidik, dirinya percaya bahwa pendidikan tidak hanya terbatas pada pembelajaran akademik. Tetapi juga melibatkan pembentukan karakter dan keterampilan hidup.

Baca juga:  SMPN 12 Semarang Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Pemprov Jateng 2024

“Sehingga BRUS itu adalah salah satu upaya kami untuk mengarahkan para siswa dalam mencapai potensi mereka secara penuh. Baik dalam aspek akademik maupun pribadi,” kata dia. (riz/mg4)