Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Mempermudah Belajar Bahasa Prancis

Oleh: Siti Alfiah, S.Pd
Guru SMAN 1 Karangtengah, Kab. Demak

PENDIDIKAN merupakan sarana penting untuk menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik supaya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia. Kemudian sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mewujudkan semua itu, bahasa memegang peranan teramat penting. Melihat begitu pentingnya Bahasa, terutama bahasa asing dalam hal ini adalah Bahasa Perancis maka penulis ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Perancis siswa kelas XI SMAN 1 Karangtengah. Yakni dengan menggunakan model pembelajaran Kooperarif tipe STAD (student team achievement division).

Menurut Afandi (2013:16), model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai prosedur atau pola sistematis yang digukan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di dalamnya terdapat strategi, teknik, metode, bahan, media, dan alat penelitian pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Penulis menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang dikembangkan oleh Robert E Slavin (2015:143). Pembelajaran kooperatif tipe STAD terdiri dari lima komponen utama, yaitu sebagai berikut.

1) Presentasi kelas. Pada materi La famille di kelas XI 9, guru melakukan penjelasan langsung secara lisan, menggunakan gambar, dan video. 2) Tim. Fungsi utama dari tim ini adalah memastikan bahwa semua anggota tim benar-benar belajar, dan untuk mempersiapkan anggotanya untuk bisa mengerjakan kuis dengan baik.

3) Kuis. Setelah guru menyampaikan materi dan praktik tim atau kerja kelompok, para siswa akan mengerjakan kuis individual. 4) Skor kemajuan individual. Yakni untuk memberikan kepada tiap siswa tujuan kinerja yang akan dapat dicapai apabila mereka bekerja lebih giat dan memberikan kinerja yang lebih daripada sebelumnya.  Siswa selanjutnya akan mengumpulkan point untuk tim mereka.

Baca juga:  Metode Demonstarsi Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa

5) Rekognisi tim. Tim akan mendapatkan point/skor/predikat dalam bentuk penghargaan lain apabila mereka mendapatkan skor tertinggi atau mencapai rata-rata tertentu. Setelah masing-masing kelompok memperoleh predikat, guru memberikan hadiah/penghargaan kepada masing-masing kelompok sesuai dengan masing-masing predikatnya.

Beberapa kelebihan pembelajaran kooperatif tipe STAD menurut Shoimin (2014:189) adalah Siswa bekerja sama dalam mencapai tujuan dengan menjunjung tinggi norma-norma kelompok. Di samping itu Siswa aktif membantu dan memotivasi semangat untuk berhasil bersama, aktif berperan sebagai tutor sebaya untuk lebih meningkatkan keberhasilan kelompok. Kemudian interaksi antar siswa seiring dengan peningkatan kemampuan mereka dalam berpendapat, meningkatkan kecakapan individu, dan meningkatkan kecakapan kelompok.

Dalam setiap kegiatan inti pembelajaran terdiri dari kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi mengenai materi yang akan dipelajari. Kegiatan eksplorasi dilakukan untuk mengetahui sejau mana pengetahuan awal siswa.

Eksplorasi yang dilakukan guru adalah memberi sedikit penjelasan tentang La Famille. Selanjutnya guru menampilkan gambar berbagai jenis gambar tentang anggota keluarga dan meminta siswa untuk menyebutkannya dalam bahasa Prancis. Siswa yang dapat menjawab diberi reward dengan penguatan pemberian pujian.

Baca juga:  Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Bahasa Prancis dengan Metode Latihan Terbimbing

Kegiatan elaborasi merupakan inti dari kegiatan inti pembelajaran. Pada kegiatan ini siswa benar-benar mengeksplor pengetahuan dan kemampuan mereka tentang La Famille. Kegiatan konfirmasi digunakan untuk memantapkan materi dan melakukan pembenaran dan tanggapan terhadap hasil pembelajaran di kegiatan elaborasi. Kegiatan elaborasi merupakan lanjutan dari eksplorasi dengan uraian kegiatan berupa pembentukan kelompok denagn menggunakan model kooperatif tipe STAD.

Suatu pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa apabila mengaikan materi dengan realitas kehidupan sebenarnya dan penggunaan model pembelajaran yang benar-benar tepat. Berdasarkan hasil pengamatan, ternyata dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keberanian/mentalitas, kreativitas, dan pemahaman siswa kelas XI 9 dalam materi La Famille. (*)