Pengaruh Imperative Verbs dalam Mengoptimalisasikan Pembelajaran Text Procedure Kelas 9

Oleh: Warningsih. S.Pd
Guru SMPN 3 Petarukan, Kab. Pemalang

SEBAGAI guru, kita mempunyai banyak pengalaman. Baik yang berkesan maupun tidak berkesan diterima setiap tahunnya. Pada  kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang  pembelajaran kelas 9 materi Text Procedure.

Selamat Idulfitri 2024

Menurut siswa, text procedure lebih menarik di antara tema-tema bahasa Inggris yang lain. Mereka suka, bahkan enjoy melihat sebuah tayangan gambar video seperti gambar makanan, gambar magic com, dan gambar seorang dokter di sebuah klinik. Di antara ke tiga gambar itu, mereka tertuju pada gambar makanan dengan minuman yang tersaji di atas meja. Setelah mengamati  gambar, lalu mereka membuat kesimpulan dengan mengatakan “Itu cara pengolahan Bu?”. Tepat sekali mereka berpikir.

Text procedure adalah teks yang mempunyai fungsi untuk memberi informasi kepada pemirsa tentang langkah-langkah melakukan sesuatu. Text ini mempunyai tiga macam jenis yaitu sebagai berikut.

1) Text  yang menjelaskan cara mengoperasikan atau menggunakan sesuatu yang sering disebut manual. Contohnya: how to use vacum cleaner. 2) Text  yang memberikan cara atau instruksi dalam melakukan kegiatan tertentu. Contohnya : how to play tamborin, how to make tomato juice, dan sejenisnya. 3) Text yang berhubungan dengan kiat nasehat menjalani kehidupan. Contohnya seperti how to be a wise mother dan sejenisnya.

Struktur teks yang sering digunakan adalah kata kerja dasar. Keutamaan teks ini harus mempunyai goal (tujuan). Tujuannya untuk menentukan langkah-langkah yang berurutan. Sedang unsur kebahahasaan kita gunakan imperative verbs. Yakni kata kerja yang tidak membutuhkan subject.

Imperative mengandung makna kata perintah atau kata yang mengacu pada tindakan untuk melakukan sesuatu. Pengertian imperative sama dengan instruksi atau perintah.  Dengan di berikan judul “How to Make …” siswa akan menebak kata kerja yang sesuai dengan judul.

Kata kerja (verbs) yang akan di pelajari untuk siswa adalah kata kerja perintah yang mudah untuk diingat dan sering dilakukan sehari-hari. Penggunaan imperative verbs ini cocok untuk materi text procedure.

Untuk nilai ketrampilan, siswa berlatih membuat text sederhana baik manual maupun procedure. Bila seorang guru memberikan beberapa gambar alat dan jenis-jenis makanan, siswa menentukan dulu goal dan step-nya. Lalu mencari kata kerja imperative yang sesuai dengan langkah atau cara pembuatan dan prosenya. Berikut contoh manual.  Open a can. Cut off any labels. Move new labels from clean sheets of construction paper. Take off the contain by using  stick.

Kata yang dicetak tebal merupakan contoh penggunaan imperative verbs yang di terapkan dalam text procedure. Text di atas adalah manual yang mempunyai generic structure sama dengan procedure text. Jadi kalian tinggal mempraktekan kata kerja sehari-hari lalu kaitkan dengan object-nya saja. Maka jadilah text yang kalian mau.

Dengan memperhatikan kata kerja yang digunakan setiap hari akan memudahkan siswa dalam belajar text procedure. Sehingga mereka lebih menyukai text ini dalam pembelajaran. Dalam setiap kesempatan, siswa diberikan text yang berbeda agar mereka lebih menguasai verb yang lebih banyak lagi.

Untuk memudahkan belajar procedure, kita cukup menghafal kegiatan atau aktivitas harian. Guru memberikan instruksi atau perintah kepada muridnya untuk melakukan sesuatu. Contoh: silahkan berdiri (stand up, please!), bantu saya ya (help me, please!), buka pintu (open the door), dan sebagainya.

Semakin siswa banyak vocabulary-nya, maka semakin mudah mereka dalam membuat text procedure. Selamat mencoba dengan memperbanyak imperative verb, semoga akan berhasil. (*)