Pati  

Tak Ada Perbaikan di Hutan Kota Kalidoro

KONDISI: Nampak kendaraan sedang melintasi jalan dekat Hutan Kota Kalidoro, Selasa (29/8/23). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Masyarakat Kabupaten Pati terlihat masih banyak mengunjungi Hutan Kota Kalidoro. Mereka masih memanfaatkan tempat tersebut untuk sekedar beristirahat maupun nongkrong.

Akan tetapi, fasilitas di hutan yang berlokasi di Jalan Kembang Joyo, Ngembleb, Kutoharjo Pati ini masih sangat terbatas. Bahkan, ketika malam hari, tempat itu kondisinya gelap gulita. Mengingat minimnya lampu penerangan.

Kondisi tersebut diungkapkan oleh, Setyo (26), salah satu pengunjung Hutan Kota Kalidoro. Warga Tambakromo yang bekerja di Pati Kota ini beberapa kali memanfaatkan tempat ini untuk bersantai.

Baca juga:  Ribuan Pemilih Pemula belum Rekam e-KTP

“Sebenarnya kondisinya masih bagus. Adem kalau berteduh siang hari seperti ini. Tapi kalau malam hari gelap karena nggak ada lampu penerangan,” ujar dia, Selasa (29/8/23).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo mengungkapkan bahwa belum ada rencana penambahan fasilitas di sejumlah Hutan Kota. Hal tersebut dikarenakan belum ada anggaran.

Meskipun begitu, selama ini pihaknya telah melakukan pembersihan di sejumlah Hutan Kota yang berada di wilayahnya. Di antaranya Taman Hutan Kalidoro ini dan Taman Hutan Kota Pati yang berada di jalan Pati-Kudus.

Baca juga:  Inspektorat Sebut Ada Temuan di Desa Langse

“Rencana renovasi yang khusus belum ada. Baik itu Hutan Kota Kalidoro maupun Taman Hutan di Plangitan. Sementara ini kita hanya bersih-bersihkan saja. Karena penganggarannya belum tersedia,” ujar Tulus. (lut/fat)