Demak  

533 Kontestan Ikuti Pameran Bonsai di Demak

DIKUNJUNGI: Pameran dan Kontes Bonsai Lokal 2023 yang di gelar PPBI)Cabang Demak di Lapangan Pelita Tridonorejo Kecamatan Bonang, Kamis (31/8/23). (HUMAS/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Sebanyak 533 kontestan bonai mengikuti Pameran dan Kontes Bonsai Lokal 2023 yang di gelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Demak. Berlangsung di Lapangan Pelita Tridonorejo, Kecamatan Bonang, Kamis (31/8/23).

Kontestan dalam acara tersebut berasal dari delapan Kabupaten. Meliputi Demak, Jepara, Kudus, Pati, Grobogan, Semarang, Blora, dan Wonosobo. Ketua PPBI Demak Akhmad Sugiharto yang juga menjabat sebagai Sekda Demak menyampaikan, pameran ini bertujuan untuk membumikan bonsai di wilayahnya.

“Karena kita ingin membumikan bonsai ke seluruh wilayah Kabupaten Demak. Jadi nanti setiap tahunnya kegiatan ini akan dilaksanakan bergantian di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Demak,” ungkapnya.

Baca juga:  Jelang Pilkada 2024, KPU Demak Lantik Ratusan PPS

Menurutnya melalui kegiatan ini secara tidak langsung akan mendongkrak nilai ekonomi, dan juga menyemangati teman-teman pecinta bonsai daerah. Tujuannya agar bisa membuat bonsai yang baik dan memiliki nilai jual.

Ketua panitia penyelenggara, Suyoto mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan mulai Kamis (31/8) sampai dengan Minggu (3/9) diharapkan menjadi momentum meningkatkan kreatif ekonomi dari seluruh komunitas bonsai Demak. Pihaknya menyediakan 400 kuota dalam acara ini.

“Namun atas kerjasama berbagai pihak, jumlah kontestan yang megikuti kegiatan ini mencapai 533,” kata dia.

Sementara, Humas PPBI Cabang Demak Zuliadi mengatakan, selain kontes bonsai, pada agenda kegiatan ini akan dilaksanakan demo membuat bonsai. Pelaksanaannya akan dibuka untuk umum.

Baca juga:  Pro Kontra Soal Study Tour, Dindikbud Demak Minta Sekolah Tak Boleh Memaksa

“Bagi masyarakat yang ingin belajar membuat bonsai silahkan untuk hadir, karena ini dibuka untuk umum,” ajaknya. (hms/mg4)