KKN-T UAA Yogyakarta Demonstrasikan PHBS dan Isi Piringku

Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta Kelompok 16
SOSIALISASI: Mahasiswa KKN-T UAA Yogyakarta Kelompok 16 tengah berfoto bersama siswa-siswi SDN Bojong 1, Kecamatan Mungkid, Magelang, dalam memberikan demonstrasi PHBS dan isi piringku, Kamis (24/8) lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta Kelompok 16, memberikan sosialisasi demontrasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Serta pola makan yang seimbang atau isi piringku, di SDN Bojong 1, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Kamis (24/8).

Hal tersebut dilakukan, lantaran kesadaran akan pentingnya PHBS semakin meningkat dalam menghadapi tantangan kesehatan. Sekaligus, implementasinya menjadi sangat krusial bagi individu dalam menjaga kesehatan pribadi dan orang-orang sekitar. Serta, menjaga pola makan yang seimbang.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-T UAA Yogyakarta Ahmad Salim mengatakan, kegitan tersebut berfokus pada cuci tangan yang baik dan benar serta isi piringku. Dengan melibatkan siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 yang aktif dan antusias dalam mengikuti gelaran itu.

Baca juga:  Peringati Hari Asyura Bersama Siswa di Masa MPLS

“Gerakan PHBS dan isi piringku merupakan langkah awal menuju peningkatan kualitas kesehatan di lingkungan sekolah. Terlebih dalam mendukung tema KKN-T UAA, yaitu Sinergi Optimalisasi Kesehatan dalam Upaya Percepatan Penurunan Angka Stunting,” ucapnya.

Pihaknya menjelaskan, demontrasi yang diberikan berupa cuci tangan yang baik dan benar, membedakan sampah organik dan anorganik, serta gizi seimbang. Dengan tujuan dapat memberikan informasi dan pemahaman siswa-siswi terkait pentingnya PHBS.

“Ini penting untuk mencegah terjadinya penyakit dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Harapannya dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi dalam menerapkan PHBS, serta meningkatkan kualitas kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(sam)