Jepara  

Pantai Prawean Bandengan Segera Jadi Destinasi Wisata Baru

SUASANA: Indahnya Pantai Prawean difoto dari udara, belum lama ini. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Keunggulan wisata pantai di Kabupaten Jepara sudah banyak diketahui banyak orang. Khas pasir putih dan jernihnya air laut yang dimiliki pantai di Jepara menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Terkini, Jepara bakal punya destinasi wisata pantai baru. Namanya, Pantai Prawean yang terletak di Desa Bandengan, Kabupaten Jepara. Pantai tersebut akan segera di-launching pada 24 September 2023 mendatang.

Selamat Idulfitri 2024

Hal tersebut dikatakan dalam pertemuan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dengan Camat Jepara dan Petinggi Desa Bandengan. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Command Center, Setda Jepara, Kamis, (31/8).

Baca juga:  Halal Bihalal MUI Jepara, Gus Haiz: Ulama dan Kiai Berperan Wujudkan Perdamaian

Pj Bupati Jepra Edy Supriyanta yang didampingi Asisten 1 Sekda Jepara Ratib Zaini dan Asisten 2 Sekda Jepara Hery Yuliyanto beserta jajarannya mengharapkan, dengan adanya Pantai Prawean ini bisa menjadi paket wisata saat berkunjung ke Jepara. Pantai Prawean diproyeksikan bisa menjadi supporting alternatif wisata di Jepara.

“Jadi sebetulnya ini adalah ide yang bagus sekali. Jadi perlu dikaji lagi Prawean itu mau diapakan desainnya,” kata Pj Bupati Jepara.

DISKUSI: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat berdialog dengan Camat Jepara dan Petinggi Desa Bandengan membahas soal Pantai Prawean di Ruang Command Center, Setda Jepara, Kamis, (31/8).

Camat Jepara Subiyanto mengatakan, terkait rencana launching obyek wisata Pantai Prawean, hal itu merupakan inisiasi dari Pemerintah Desa Bandengan yang sudah bisa mulai dibuka untuk umum.

Baca juga:  Pererat Ukhuwah, Sepakat Jaga Keharmonisan

“Jadi di Kecamatan Jepara merencanakan obyek wisata maupun UMKM ini yg pertama yaitu Pantai Prawean,” jelas Subiyanto.

Petinggi Desa Bandengan Sumadi menjelaskan bahwa Pantai Prawean di Desa Bandengan akan menjadi aset desa dan masuk pada inventaris desa. Selain itu, Pantai Prawean pun sudah masuk dalam kategori desa wisata yang sudah memiliki SK Bupati.

Sebelumnya, ia mengkhawatirkan akan adanya abrasi di kawasan itu. Sehingga, Pantai Prawean yang sudah ditata dan dibenahi itu bisa menjadi pendapatan asli desa.

“Launching akan dilaksanakan pada 24 September 2023 mendatang. Harapan kami sudah bukan area semak belukar tapi jadi area yang terkunjungi dari beberapa daerah, karena sebenarnya Pantai Prawean ini sudah ternama,” terang Sumadi.

Baca juga:  Peringati May Day, Pj Bupati Jepara Ajak Buruh Jadi Pekerja Kompeten

Plt. Kepala Disparbud Kabupaten Jepara Hartaya menambahkan bahwa Disparbud Kabupaten Jepara juga sedang menggodog program agar setiap tempat wisata memiliki titik koordinat yang memudahkan wisatawan menuju ke arah tempat wisata tersebut. (hms/adv/gih)