Pekan Raya Pemalang Majukan Pelaku UMKM

MERIAH: Penampilan Penari saat menghibur masyarakat dalam acara Pekan Raya Pemalang di alun-alun Pemalang, Rabu (30/8) malam. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM (KemenkopUKM) serta pihak swasta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menggelar pesta Pekan Raya Pemalang di Alun-alun Pemalang dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 selama empat hari ke depan. Harapannya, acara ini dapat menjadi salah satu langkah nyata untuk memajukan para pelaku UMKM di Pemalang.

Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM Bastian mengatakan, saat ini para pelaku UMKM menjadi salah satu  penyumbang terbesar penggerak perekonomian nasional. Dalam datanya, di 2022 lalu UMKM menyumbang 63 persen pendapat domestik bruto, dan 14,4 persen terhadap ekspor nasional.

Baca juga:  Mansur Resmi Diajukan sebagai Bupati Pemalang

“Selain besarnya pendapatan itu, UMKM juga mampu menyerap 97 persen pekerja di lebih dari lima juta unit UMKM yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga kegiatan ini pasti besar pengaruhnya pada kemajuan perekonomian, terutama untuk para pelaku UMKM,” paparnya.

Dengan besarnya pengaruh UMKM terhadap perekonomian nasional, dirinya berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan di seluruh daerah. Maka, melihat antusiasme pelaku UMKM serta masyarakat dalam Pekan Raya Pemalang ini, dirinya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama Pemkab Pemalang serta pihak swasta yang telah berkolaborasi dalam menyukseskannya.

Baca juga:  Pemalang Darurat Sampah, TPA Baru akan Dibangun

Hal serupa juga disampaikan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat. Dirinya menuturkan bahwa adanya acara seperti ini menjadi langkah besar untuk mendukung perkembangan UMKM di Pemalang. Di mana lebih dari 100 pelaku UMKM ikut serta dalam event tersebut, yang terdiri dari 20 UMKM lokal Pemalang dan 80 UMKM di berbagai daerah.

“Acara ini bukan hanya untuk Pemalang saja, tetapi pelaku UMKM daerah lain. Kami akan terus menggelar event serupa dengan menggandeng seluruh stakeholder dalam rangka memajukan perekonomian UMKM di Jawa Tengah,” terangnya. (fan/abd)