UIN Walisongo dan Soegijapranata Catholic University Jalin Kerjasama Tridharma dan Moderasi Beragama

Penandatanganan MoU kerjasama oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo dengan Soegijapranata Catholic University (SCU) yang dilaksanakan di Ruang Conference Gedung Fransiskus Asisi lantai 4 pada Jumat(1/9/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo dengan Soegijapranata Catholic University (SCU) menjalin kerjasama. Kegiatan penandatanganan MoU dilaksanakan di Ruang Conference Gedung Fransiskus Asisi lantai 4 pada Jumat(1/9/2023). Hadir langsung Rektor UIN Walisongo Semarang Prof.Dr.Imam Taufiq,M.Ag. dan Rektor Soegijapranata Catholic University Dr.Ferdinandus Hindiarto,S.Psi.,M.Psi. Turut hadirpula para wakil rektor bidang kerjasama dan dekan fakultas kedokteran serta perwakilan dokter dan staff Fakultas Kedokteran SCU dan UIN Walisongo.

UIN Walisongo dan Soegijapranata Catholic University(SCU) menjalin kerjasama dalam bidang tri dharma perguruan tinggi, tidak hanya itu kegiatan ini merupakan wujud moderasi beragama yang dilakukan oleh kedua universitas. UIN Walisongo merupakan Universitas Islam yang mengusung nilai Unity of Sciences, memadukan ilmu agama dan pengetahuan. Begitupun dengan Soegijapranata Catholic University yang merupakan Universitas Katolik, namun keduanya saling bekerjasama terutama dalam misi utamanya dalam kemanusiaan dengan adanya Fakultas Kedokteran.

Iduladha

Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Imam Taufiq,M.Ag. menyampaikan ” Soegijapranata Catholic University berperan konkret dalam percepatan Fakultas Kedokteran UIN Walisongo dan kami mengucapkan terima kasih. Ini merupakan trigger awal kolaborasi, jaringan dan nilai yang perlu dijalin bersama. Dukungan SDM dan Kolaborasi sarana prasarana dalam pembentukan Fakultas Kedokteran di UIN Walisongo Semarang “, ungkapnya.

Baca juga:  Dispertan Kota Semarang Terima Bantuan Pompa dari Kementan

Selain kerjasama dalam pendirian Fakultas Kedokteran bisa disinergikan pula dalam hal moderasi beragama. UIN Walisongo memiliki Rumah Moderasi Beragama yang sudah diresmikan pada 2019 dan Moderasi Beragama menjadi salah satu mata kuliah di UIN Walisongo.

“Kerjasama lain yang bisa dijalin adalah moderasi beragama. UIN Walisongo memiliki rumah moderasi beragama yang kurikulumnya sudah didesiminasikan ke berbagai universitas. Keragaman beragama adalah wujud keramahan Allah. Toleransi perdamaian saling menyayangi menjadi suatu yang harus diwujudkan. Terlebih saling bersinergi dan berkolaborasi dalam misi kemanusiaan melalui pembangunan Fakultas Kedokteran”, pungkasnya.

Baca juga:  Bawaslu Kota Semarang Soroti Penjaringan Bakal Calon di Internal Parpol

Rektor Soegijapranata Catholic University yaitu Dr.Ferdinandus Hindiaro,S.Psi.,M.Psi. menyampaikan “ Kami menyambut baik kerjasama dengan Fakultas Kedokteran, Institusi kita saling berdekatan dan bisa berkolaborasi demi bangsa. Semoga kerjasama berjalan dengan baik dan tidak terbatas pada Fakultas Kedokteran namun bisa dengan yang lain. Nilai kolaborasi dijaga dengan baik dan menjaga kedua institusi”, ungkapnya.

“ Ditengah maraknya Kampus yang membuka Fakultas Kedokteran namun Kebutuhan akan Dokter masih cukup banyak di Negeri Ini. Sehingga sinergi dan kolaborasi ini penting dilakukan untuk memenuhi Kebutuhan Dokter di Indonesia”, ungkapnya. (hms/rds)

DPRD Batang