Kudus  

111 Sepeda Motor Terkena Razia Knalpot Brong

TEGUR: Polisi melakukan razia kendaraan yang menggunakan knalpot tak standar, beberapa waktu lalu. (ANTARA/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Satlantas Polres Kudus, merazia 111 sepeda motor yang memakai knalpot yang tidak standar (brong). Mereka ditindak karena suara yang ditimbulkan mengganggu dan meresahkan masyarakat.

“Pengendara yang kedapatan menggunakan knalpot tidak standar ditindak dan diminta mengganti knalpot kendaraannya dengan yang standar,” kata Kapolres Kudus AKBP Dydit Susanto.

Sebelumnya, pihaknya juga berhasil merazia seratusan kendaraan dengan knalpot tak standar. Polisi dalam menindak pengendara sepeda motor dengan knalpot brong dengan cara razia keliling ke sejumlah wilayah di Kudus.

Razia ini juga sebagai tindak lanjut dari keresahan masyarakat terkait dengan pengendara yang menggunakan knalpot tak standar karena suaranya mengganggu masyarakat. Baik melalui Jumat Curhat maupun melalui media sosial Polres Kudus.

Baca juga:  Kandidat Calon Kepala Daerah Via Perseorangan di Kudus Nihil Pendaftar

Kapolres Kudus juga memerintahkan jajarannya melaksanakan penertiban balap liar serta kendaraan yang menggunakan knalpot brong. “Kami juga merespons keluhan masyarakat soal balap liar di Kudus. Secepatnya akan dilakukan penertiban,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, KBO Satlantas Polres Kudus Iptu Ngatno didampingi Kapolsek Bae AKP Imam Sukirno bersama anggota juga melakukan penertiban balap liar dan knalpot brong. Giat ini dilakukan di jalan Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae.

“Giat Seperti ini, akan terus dilakukan sampai tidak ada lagi balap liar dan pemotor yang pakai knalpot brong atau yang melanggar lalu lintas. Dari hasil penindakan yang dilakukan, dominan pengguna knalpot brong dan balap liar adalah anak muda atau masih usia sekolah,” ujarnya.

Baca juga:  Ciptakan Pembelajaran Humanis Melalui SES

Selain penindakan, polisi juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi bahaya balap liar dan knalpot brong di sekolah-sekolah melalui Satlantas, Satbinmas, dan polsek jajaran. “Kami membuka layanan aduan Polres Kudus apabila ada informasi balap liar ataupun gangguan kamtibmas lainnya bisa menghubungi 110 atau 0821-3706-6566,” ungkapnya. (ara/fat)