Pekan Raya Pemalang Bantu Pasarkan Produk Lokal

TINJAU: Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengunjungi salah satu stan di Pekan Raya Pemalang, Jumat (1/9). (HUMAS/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menggelar Pekan Raya Pemalang pada 30 Agustus hingga 4 September 2023. Kegiatan tersebut digelar untuk membantu pelaku usaha di wilayah Pemalang memasarkan produknya. Berbagai produk khas Pemalang ditampilkan, mulai dari Mangga Istana Penggarit, Nanas Madu Belik, Sarung Goyor, Bandeng Salto, dan produk-produk khas lainnya.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, selain ajang untuk memperkenalkan produk asli Pemalang kepada masyarakat luas, Pekan Raya Pemalang juga bertujuan untuk membantu memasarkan produk-produk yang ada. “Acara ini dalam rangka mengenalkan, kemudian memasarkan (produk lokal). Barangkali ada resellerreseller yang mau ikut memasarkan produk yang ada di Kabupaten Pemalang ini,” ujarnya.

Baca juga:  Gandeng Kontraktor Lokal, Pemkab Pemalang Dukung Penyediaan Perumahan Murah

Mansur Hidayat beserta istri mengunjungi stan OPD/Instansi vertikal, BUMN/BUMD dan UMKM satu persatu. Dinas Lingkungan Hidup menjadi stan pertama yang dikunjungi. Berikutnya di stan Dinas Pertanian Mansur mencicipi mangga Istana yang dimakan dengan cara diputar.

Selanjutnya Stan FEDEP, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, DPMPTSP, Disdukcapil. Stan terakhir yang dikunjungi adalah Dinas Kominfo dan Kodim 0711 Pemalang. Di Stan Dinas Kominfo, Mansur mendapatkan penjelasan mengenai Portal Satu Data dan Pengaduan Masyarakat Halo Bupati. Mansur mencoba permainan putar tombol dan mendapatkan hadiah berupa balon dan voucer pulsa.

Baca juga:  Kembali Ambil Formulir, Anom Disambut Baik PDIP

Seperti diketahui, rencananya pada Pekan Raya Pemalang tersebut juga digelar acara pendukung lainnya seperti pentas seni dan budaya, live music, lomba Hafidz Quran, fashion show anak dan remaja, lomba rebana, lomba karaoke dangdut, lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba karaoke anak, lomba pildacil, dan hiburan menarik lainnya.

Sementara itu, kegiatan pameran tersebut juga akan diikuti oleh Kementerian Koperasi dan UKM, OPD Instansi Kabupaten Pemalang, BUMN, BUMD, lembaga keuangan perbankan, perusahaan swasta, pelaku usaha UKM, dan masyarakat umum. (hms/abd)