Penggunaan Media Konkret Merangsang Semua Indra Siswa

Oleh: Itdha Triana Setya Yuniati, S.Pd
Guru SD N Maoslor 05, Kec. Maos, Kab. Cilacap

GURU memiliki peranan sangat penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, guru dituntut untuk dapat menumbuhkembangkan minat siswa untuk meraih prestasi dalam bidang pelajaran.

Prestasi siswa akan mudah diraih jika guru bisa mengupayakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dapat diupayakan dengan cara belajar menggunakan benda fisik di sekitar anak.

Teori Piaget yang menjelaskan bahwa anak berada dalam tahap pra operasional konkret. Artinya, anak lebih suka belajar dengan benda fisik di sekitarnya. Dalam hal ini guru bisa menggunakan media konkret untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Media konkret adalah alat yang dijadikan sebagai perantara atau pengantar informasi yang digunakan oleh pengajar untuk disampaikan kepada siswa. Yakni dengan menggunakan alat yang benar-benar nyata, dapat dilihat, diraba, dipegang, dan digunakan oleh siswa.

Menurut Syaodih (2010), konkret atau objek yang sesungguhnya akan memberikan rangsangan yang amat penting bagi siswa dalam mempelajarai berbagai hal. Terutama yang menyangkut pengembangan keterampilan tertentu. Melalui penggunaan objek nyata ini, kegiatan pembelajaran yang melibatkan semua indra siswa.

Media konkret dibagi menjadi dua jenis. Yaitu media objek (konkret) sebenarnya dan media objek (konkret) pengganti. Media objek sebenarnya dibagi menjadi dua yaitu media objek alami dan media objek buatan.

Media objek alami dibagi menjadi dua. Yaitu objek alami yang hidup dan objek alami yang tidak hidup (Mulyati, 2016). Penggunaan media konkret kaya akan manfaat. Di antaranya yaitu memberikan kesempatan semaksimal mungkin pada siswa untuk mempelajari sesuatu atau melaksanakan tugas-tugas dalam situasi nyata. Kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri situasi yang sesungguhnya dan melatih keterampilan mereka dengan menggunakan sebanyak mungkin alat indra. (*)