Berfikir Out of The Box Siswa dengan Outdoor Learning Cerita Ekonomi

Mochamad Komsul Hadi,S.E.

Oleh: Mochamad Komsul Hadi, S.E.
Guru Ekonomi SMA Negeri 1 Guntur Demak

PROSES pembelajaran akan selalu memberikan dimensi implikasi yang luas untuk investasi jati diiri peserta didik. Itu harapannya, sebagai guru merupakan salah satu unsur dari aparatur Negara yang menjadi komponen terpenting dalam usaha mencapai tujuan. Guru sebabagi bagian dari fasilitator pembelajaran  di tuntut harus mempunyai kemampuan dalam memilih suatu model atau metode pembelajaran yang tepat, yang akhirnya akan memberikan kepada pemahaman siswa. Upaya meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar merupakan bentuk tantangan yang selalu di hadapi oleh para guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran, sebagaimana banyak upaya guru yang dilakukan banyak pula yang berhasil dan banyak pula yang masih menunjukan belum keberhasilan dalam memberikan pemahaman belajar siswa. Pemahaman itu sendiri memiliki makna kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah itu diketahui dan di ingat. Seorang peserta didik dikatakan memahami sesuatu apabila ia dapat memberikan penjelasan atau member uraian yang lebih rinci tentang hal itu dengan menggunakan bahasa sendiri.

Selamat Idulfitri 2024

Pemahaman siswa merupakan hal yang begitu penting untuk diberikan kepada setiap siswa ketika dalam melakukan kegiatan pembelajaran, maka dalam hal ini guru harus mampu lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran, seperti penggunaan metode mengajar yang sesuai, sebagaimana salah satu metode mengajar yang mampu memberikan pemahaman kepada siswa yakni metode outdoor learning kompilasi cerita ekonomi. Salah satunya pada pembelajaran ekonomi Dimana materi ini banyak bersinggungan dengan kehidupan nyata dan pesrsoalan mendasar kebutuhan Masyarakat. Maka perlu dikuatkan dengan pembelajaran yang mengenalikuli ekonomi masayarakat kepada peserta didik. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dinyatakan oleh Adelia Vera yang menyatakan salah satu tujuan dari kegiatan mengajar diluar kelas (Outdoor learning) yakni meningkatkan kesadaran, apresiasi dan pemahaman peserta didik. Selain itu Helen Bilton yang menyatakan bahwa salah satu kelebihan dari metode outdoor learning yakni salah satunya menjadi lebih menganal dan memahami lingkungan dan materi dengan baik, maka dalam hal ini menunjukan bahwa metode outdoor learning dapat mempengaruhi terhadap pemahaman siswa.

Metode outdoor learning adalah salah satu metode dimana guru mengajak siswa belajar diluar kelas untuk melihat peristiwa langsung dilapangan yang bisa  membawa mereka pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar dan Pembelajaran dengan metode outdoor learning nantinya diharapkan para siswa lebih serius untuk fokus dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan diluar kelas, sehingga siswa mampu memahami segala bentuk materi yang diajarkan oleh guru dengan baik, dalam hal ini tentunya menunjukan pemahaman siswa akan lebih baik ketika dilakukan dengan metode outdoor learning. Hasil asesement  di SMA Negeri 1 Guntur Demak   tentang hasil belajar siswa pada pembelajaran  ekonomi dengan cerita ekonomi menunjukan bahwa masih banyak siswa yang belum mampu memahami materi dengan baik, sehingga hasil belajar siswa belum maksimal, dari data awal terlihat  bahwa kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran ekonomi masih tergolong rendah, banyak hal yang mempengaruhi rendahnya pemahaman siswa, maka dalam hal ini hal ini apabila dibiarkan secara terus menerus tentunya akan berdampak terhadap hasil belajar siswa yang semakin rendah. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan metode outdoor learning. Sebagaimana metode outdoor learning belum dilakuk Husamah mengatakan Outdoor Learning merupakan aktivitas – aktivitas luar kelas dapat berupa permainan, cerita , eksperimen, perlombaan, mengenal kasus-kasus lingkungan disekitarnya dan diskusi penggalian solusi, aksi lingkungan dan jelajah alam.

Aktivitas-aktivitas tersebut secara tidak langsung melibatkan anak bekerja sama dengan temannya yang mengarahkan pada ketercapaian hasil belajar siswaan. Adapun langkah-langkah dari metode outdoor learning yakni : 1. Guru mengajak siswa ke lokasi di luar kelas 2. Guru mengajak siswa untuk berkumpul menurut kelompoknya 3. Guru mendampingi kegiatan siswa diluar kelas 4. Guru memberi tugas untuk melakukan pengamatan 5. Guru memberikan penjelasan tentang sesuatu yang harus diamati 6. Masing-masing kelompok berpencar pada lokasi untuk melakukan pengamatan dan diberi waktu Guru memberikan pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa 8. Guru membimbing siswa selama pengamatan di lapangan 9. Selesai pengamatan siswa disuruh berkumpul kembali untuk mendiskusikan hasil pengamatannya 10. Guru mengarahkan siswa dan kelompok untuk membuat laporan dan mengumpulkannya. Kelebihan dari metode outdoor learning adalah: 1. Pikiran lebih jernih 2. Pembelajaran akan terasa menyenangkan 3. Pembelajaran lebih variatif 4. Belajar lebih rekreatif 5. Belajar lebih riil 6. Anak lebih mengenal dunia nyata yang luas 7. Tertanam image bahwa dunia sebagai kelas 8. Wahana belajar lebih luas 9. Kerja otak lebih rileks. Perlu dicoba untuk pengembangan inovasi kreatifitas pembelajaran dengan menggunakan metode ini dengan tujuan menguatkan pembelajaran ekonomi lebih variatif kreatif rekreatif. Termasuk mempertegas cerita ekonomi meningkatkan numerasi, literasi, karakter dan goalnya kualitas pembelajaran. (*)