Pati  

Truk Tambang Ugal-ugalan Bakal Ditindak

APEL: Ratusan personel gabungan dikerahkan untuk menyukseskan Operasi Zebra Candi 2023, Senin (4/9/23). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Satlantas Polresta Pati menggelar Operasi Zebra Candi 2023 mulai Senin (4/9/23). Ratusan personel gabungan dikerahkan untuk menyukseskan operasi tersebut.

Personil gabungan tersebut dari berbagai instansi. Mulai dari Polresta Pati, Satpol PP Pati dan Dishub Pati. Mereka bakal melakukan melakukan operasi lalu lintas selama dua pekan, mulai Senin (4/9/) hingga Minggu (17/9).

Operasi ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan dan angka pelanggaran lalu lintas di Bumi Mina Tani. Dalam operasi tersebut, truk pemuat hasil pertambangan yang ugal-ugalan juga bakal ditindak tegas. Hal tersebut dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan.

Baca juga:  MTsN 1 Pati Raih Dana SBSN 2024, 6 RKB Baru Segera Dibangun

“Truk tambang yang ugal-ugalan, kita satlantas sudah memberikan imbauan, teguran dan tindakan,” ujar Kasatlantas Polresta Pati Kompol Asfauri usai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi di Halaman Mapolresta Pati, Senin (4/9/23).

Pihaknya menyebut, truk pertambangan seringkali bermuatan over load. Hal itu dinilai bisa memicu kecelakaan lalu lintas. Sehingga diperlukan penindakan secara tegas.

“Kalau muatannya tidak benar kita berikan tindakan secara tegas. Kita juga melakukan tindakan edukasi dan kita ingatkan. Kalau tidak sesuai ya kita tindak. Operasi (truk tambang) juga kita lakukan. Ini juga bagian Operasi Zebra,” jelas dia.

Baca juga:  Bendung Karet Dikhawatirkan Perparah Banjir

Untuk diketahui, mobilitas truk hasil tambang akhir-akhir ini mulai dikeluhkan masyarakat. Bahkan beberapa waktu lalu, truk tambang melintasi jalan Sukolilo-Prawoto menyerempet pelajar.

Peristiwa ini kemudian memancing amarah warga. Para warga yang didominasi ibu-ibu itu pun menghadang truk hasil tambang lainnya yang melintas. (lut/fat)