Kwarcab Purbalingga Raih Juara Umum Estafet Tunas Kelapa

APRESIASI: Ketua Kwarcab Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi menerima langsung piala bergilir juara umum Estafet Tunas Kelapa dari ketua Mabida Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi oleh ketua Kwarda Jawa Tengah, Siti Atikoh Supriyanti, Rabu (30/8/23). (HUMAS/JOGLO JATENG)

PURBALINGGA, Joglo Jateng – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga berhasil meraih juara umum dalam kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng 2023. Kwarcab Purbalingga dinobatkan sebagai juara umum setelah berhasil meraih juara pada tiga aspek perlombaan.

Ketua Kwarcab Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi menerima langsung piala bergilir juara umum Estafet Tunas Kelapa dari ketua Mabida Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi oleh ketua Kwarda Jawa Tengah, Siti Atikoh Supriyanti. Bertempat di obyek wisata Bukit Tangkeban, Pemalang, pada Rabu (30/8/23).

Baca juga:  Warga Bantaran Sungai Klawing Berharap Pemerintah Segera Tangani Tebing Longsor

Ini adalah kali kedua Kwarcab Purbalingga menjadi juara umum setelah sebelumnya pada tahun 2016 Kwarcab Purbalingga juga menjadi juara umum ETK Kwarda Jawa Tengah. Ketua Kwarcab Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Estafet Tunas Kelapa.

“Saya atas nama Kwarcab Purbalingga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Mabicab Purbalingga beserta semua anggota Mabicab. Kepada teman-teman OPD, temen-temen Kwaran, pelatih, Mabigus sampai Mabisa atas peran sertanya mensukseskan ETK Kwarda Jawa Tengah di wilayah Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Baca juga:  Dewan: Perlu Kolaborasi untuk Pelihara Infrastruktur

Adapun penilaian dari ketiga aspek yang berhasil diraih oleh Kwarcab Purbalingga yaitu aspek penyelenggaraan meliputi administrasi kegiatan, sarana prasarana pendukung. Kemudian proses pemberangkatan pasukan, proses pelaksanaan kedatangan pasukan, kerapihan dan kekompakan pasukan inti, serta pasukan pendukung dan penggembira.

Aspek partisipasi dinas, instansi dan masyarakat meliputi penyambutan di perjalanan seperti musik penyambutan dan dukungan berupa makanan dan minuman. Serta adanya petugas pendukung, sarana kesehatan dan pengamanan lalu lintas.

Sementara itu aspek giat bakti dibuktikan dengan seberapa banyak giat bakti yang ada di Kwarcab Purbalingga dalam rangka ETK ini. Tercatat setidaknya ada enam jenis giat bakti yang terbagi di beberapa Kwartir Ranting. Yaitu pemberian paket sembako, donor darah, kerja bakti lingkungan, pengecatan mushola, distribusi air bersih, dan bedah rumah. (hms/mg4)