Dekranasda Kota Semarang Buka Lomba ‘Kita Pemuda’

SIMBOLIS: Ketua Dekranasda Kota Semarang Alwin Basri bersama pejabat daerah lainnya saat kick off pembukaan lomba Kita Pemuda tingkat Kota Semarang di Lantai 8 Lokaprido Gedung Moch Ikhsan Balai Kota Semarang, Rabu (6/9/23). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Semarang secara resmi membuka ajang perlombaan tingkat Kota Semarang. Lomba tersebut bertajuk Kreativitas dan Kepedulian Kawula Muda (Kita Pemuda). Pembukaan dilaksanakan di Lantai 8 Lokaprido Gedung Moch ikhsan Balai Kota Semarang.

Ketua Dekranasda Kota Semarang, Alwin Basri mengatakan, ada empat kategori yang akan dilombakan. Di antaranya pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, dan kreativitas. Lalu, setiap kelurahan di Kota Semarang wajib mengirimkan empat orang mengikuti perlombaan tersebut.

Baca juga:  Jalankan Layanan ILP Tingkat RW

“Setelah itu bagi yang menang akan kita saring dan maju ke tingkat Kota Semarang. Ya pesan dari bu wali cari pemuda-pemuda pelopor publikasi. Selain itu nanti yang bisa ikut dari 16 tahun hingga 29 tahun,” ucapnya saat dikonfirmasi Joglo Jateng, Rabu (6/9/23).

Lebih lanjut, pihaknya tetap akan mengadakan babak penyisihan baik di tingkat kelurahan dan Kecamatan. Kemudian, jika pemenangnya sudah ditentukan maka ia akan maju ke tingkat provinsi Jawa Tengah.

“Tentu lomba ini mendorong para pemuda untuk berinovasi sesuai dengan bidangnya. Misalnya dia publikasikan UMKM atau usaha dengan memperlihatkan keuletannya. Nah itu yang akan mendapatkan penghargaan dan harapannya pemuda lain terinsipirasi,” jelasnya.

Baca juga:  Bawaslu Kota Semarang Ajak ASN Tetap Netral selama Pilkada

Untuk pendaftaran peserta dan pengiriman profil peserta dilaksanakan tanggal 4 – 30 September 2023. Lalu, pengumuman kejuaraan akan dilaksanakan 28 Oktober 2023, yang bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda. (cr7/mg4)