Pati  

Penampilan Barongan Macan Loreng Jadi Pembuka Pepraprov Jateng 2023

Kepala Dinpopar Pati, Rekso Suhartono
Kepala Dinpopar Pati, Rekso Suhartono. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Kabupaten Pati akan menjadi tuan rumah Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) lV Jawa Tengah 2023. Kompetisi olahraga bagi penyandang disabilitas ini akan digelar mulai 9 September mendatang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinpopar) Pati, Rekso Suhartono mengungkapkan, pembukaan ajang tingkat Jateng ini bakal diselenggarakan di GOR Pesantenan Pati. Nantinya, Peparprov ini dibuka dengan penampilan salah satu kesenian lokal.

“Nanti di pra opening seremoni akan ada menampilkan tradisi Barongan Macan Loreng dari Kecamatan Gabus. Nanti kita coba tampilkan untuk promosikan budaya kita ke teman-teman yang di Jawa Tengah,” ujar Rekso usai Rapat Persiapan Peparprov di Ruang Penjawi Sekretariat Daerah (Sekda) Pati, Rabu (6/9/23).

Baca juga:  Pejabat Pemkab hingga Pendidik Dibekali Pencegahan Korupsi

Ia menjelaskan, Barongan Macan Loreng ini dipilih dengan alasan untuk menjaga eksistensinya. Mengingat, kesenian lokal dari Bumi Mina Tani ini disebutnya tengah menghadapi masa redup.

“Karena budaya yang lain seperti ketoprak sudah eksis. Kalau yang Barongan Macan Loreng ini tidak kita tampilkan nanti akan punah,” ungkapnya.

Sementara terkait persiapan sebagai tuan rumah Peparprov, pihaknya memastikan sudah hampir selesai. “Persiapan sampai hari ini, dari mulai venue, akomodasi sekitar 90 persen. Kalau yang 10 persen kantong-kantong parkir dan lain-lain,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam kompetisi ini nantinya ada 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Kontingen Kabupaten Pati diharapkan bisa menduduki peringkat lima besar.

Baca juga:  DPRD Pati Beri Catatan Terhadap Kinerja Pemkab

“Target kita nggak muluk-muluk karena baru. Yang penting ikut partisipasi dan mudah-mudahan bisa lima besar. Angkat berat, tenis meja itu andalan kita,” tandasnya. (lut/fat)