Rektor ITB Adias Pemalang Harapkan Kampus Baru Tingkatkan IPM

RESMI: Rektor ITB Adias Nur Rosyadi bersama Plt Disdikbud Pemalang Supaat meresmikan Kampus Baru ITB Adias di Kelurahan Petarukan, Kecamatan Pemalang, Rabu (6/9/23). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Adias Pemalang meresmikan gedung baru mereka yang terletak di Kelurahan Petarukan, Kecamatan Petarukan, Rabu (6/9). Nur Rosyadi selaku rektor ITB Adias berharap, adanya fasilitas baru tersebut dapat lebih banyak menampung mahasiswa di Pemalang, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk melanjutkan pendidikan agar bisa berkarya di daerah dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pemalang.

Rektor ITB Adias Pemalang Nur Rosyadi sekaligus anggota DPRD Pemalang Fraksi PKB mengatakan, pendirian fasilitas baru ini bertujuan untuk mendukung proses belajar di kampusnya. Kampus tersebut telah bertransformasi dari sebelumnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pemalang menjadi ITB Adias pada 2022 lalu.

Baca juga:  Dukung UMKM, Dewan Dorong OPD Laksanakan Sobat Ikan

“Ini merupakan langkah kita untuk memberikan fasilitas dan pendidikan terbaik kepada anak muda Pemalang, agar nantinya mampu menjadi pemimpin masa depan yang hebat. Nantinya, gedung ini akan dibangun enam lantai, ditambah dengan fasilitas yang lengkap untuk para mahasiswa belajar dan berkreasi bahkan berinovasi,” ucapnya.

Saat ini, ITB Adias memiliki 500-600 mahasiswa di semua program studi (prodi). Di antara mereka, ada sekitar 229 mahasiswa yang mendapatkan pendidikan gratis beasiswa KIP selama empat tahun hingga lulus memiliki gelar sarjana.

Adanya ITB Adias ini diharapkan menjadi jawaban untuk menaikkan IPM Pemalang, yang masih berada di rangking bawah di antara 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Dengan memiliki kampus yang unggul dan fasilitas terbaik, ke depan rangking IPM Pemalang dapat naik.

Baca juga:  Bupati Pemalang Ingatkan Prioritas Keselamatan dan Keamanan Kendaraan Wisatawan

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemalang Supaat menyampaikan rasa terima kasih serta penghargaan, karena mau mendukung kemajuan pendidikan dan IPM di Pemalang. Ke depan, ia berharap IPM Pemalang dapat naik bahkan hingga peringkat 10 besar di Jawa Tengah. (fan/abd)