Jepara  

Warga Serbu Bazar Pangan Murah yang Digelar Pemkab Jepara

RAMAI: Warga berbondong-bondong membeli kebutuhan pokok di bazar pangan murah di halaman Kantor Kecamatan Mayong, Rabu (6/9). (HUMAS/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelar bazar pangan murah di halaman Kantor Kecamatan Mayong, Rabu (6/9). Mengetahui hal itu, warga Kecamatan Mayong dan sekitarnya pun menyerbu bazar tersebut.

Kegiatan yang berlangsung pada pagi itu bertajuk “gerakan pangan murah”. Semua kebutuhan pokok masyarakat dibanderol di bawah harga pasaran. Hal ini dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Masyarakat mengaku terbantu dengan pasar murah tersebut. Lia salah satunya, ia berharap kegiatan semacam ini rutin dilakukan oleh pemerintah. “Cari yang murah, inginnya terus ada (pasar murah) tiap bulan,” kata dia.

Baca juga:  Mantan Bupati Jepara Dian Kristiandi Mantap Maju Pilbup

Gerakan pangan murah kala itu diselenggarakan sehari oleh Pemkab Jepara, bersama Pemprov Jawa Tengah, Bulog, dan Badan Pangan Nasional.

KUNJUNGI: Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat meninjau bazar pangan murah di halaman Kantor Kecamatan Mayong, Rabu (6/9).

Penjabat Bupati Jepara yang diwakili Sekretaris Daerah Edy Sujatmiko, mengatakan program ini merupakan strategi bersama untuk bisa menekan harga komoditas pokok. “Pemerintah hadir membantu masyarakat, mensubsidi barang kebutuhan pokok. Ada beras, telur ayam, gula pasir, dan lainnya,” ujarnya.

Kepada masyarakat, dia pesan agar tak panik jika ada kenaikan harga kebutuhan pokok. Sebab pemerintah akan hadir menstabilkan harga. “Jika ada naik jangan panik, pemerintah akan hadir,” tuturnya.

Baca juga:  Festival Memeden Gadhu Meriah, Pj Bupati Minta agar Terus Dilestarikan

Aneka kebutuhan pokok yang dilepas pada bazar kala itu, terdiri dari telur 1 ton, beras 5,5 ton, minyak goreng 600 liter, dan gula pasir 400 kilogram, dan bawang merah 250 kilogram.

Telur ayam dibanderol Rp24 ribu per kilogram, beras medium kemasan 5 kilogram dilepas Rp58 ribu, sedangkan harga untuk beras SPHP Bulog Rp10.900 per kilogram. Sementara minyak goreng kemasan sederhana Rp14 ribu per liter.

Komoditas lain yang dijual dalam bazar tersebut ada daging ayam, produk makanan beku, mi instan, bumbu kemasan, serta aneka olahan pangan lokal.

Baca juga:  Jelang Ajaran Tahun Baru, Disdikpora Jepara Masih Menunggu Regulasi

Sebelumnya, kegiatan gerakan pangan murah tahun ini sudah dilaksanakan dua kali. Diawali di kawasan Shopping  Center Jepara pada 7 Maret lalu, dan 26 Juni di lapangan Kenari Kalinyamatan.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara Sujima, menuturkan rencana bazar pangan murah akan kembali digelar. Lokasinya ada di lima titik. (hms/gih/adv)