Pati  

TBM Omah Buku Kosmasari Adakan Cek Kesehatan hingga Pelayanan Adminduk

SEMANGAT: Masyarakat Desa Karangsari nampak begitu antusias mengikuti kegiatan yang diadakan di sekretariat TBM Omah Buku Kosmasari, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Taman Baca Masyarakat (TBM) Omah Buku Kosmasari yang berada di Desa Karangsari, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati mengadakan sejumlah kegiatan dalam memperingati Hari Aksara. Salah satunya dengan melakukan medikal cek up yang berkerja sama dengan RSU Sebening Kasih Tayu.

Kemudian ada pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang bekerja sama sama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, potong rambut gratis hingga pertunjukan pentas seni budaya. Masyarakat sekitar nampak antusias mengikuti kegiatan yang diadakan di sekretariat TBM Omah Buku Kosmasari ini.

“Terima kasih kepada TBM, semoga ke depannya acara berobat gratis ini bisa diadakan lagi. Karena mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ujar salah satu peserta cek up kesehatan, Uswatun Hasanah.

Baca juga:  Korban Pemerkosaan Ayah Kandung di Pati Trauma Berat

Bakti sosial tersebut tiap tahun diselenggarakan oleh TBM Omah Buku Kosmasari. Hal ini dilakukan guna mendukung gerakan literasi hingga akar rumput. Pemenuhan kesehatan serta administrasi kependudukan sebagai support sistem mewujudkan literasi.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi RSU Sebening Kasih, yang diwakili oleh dr Naufal Aria. Pihaknya bisa turut serta melakukan promosi kesehatan. Warga setempat juga menyambut luar biasa dengan mengikuti medikal cek up yang meliputi pemeriksaan tensi, cek gula darah, pemeriksaan umum dan pengobatan gratis.

Menurut dia, medikal cek up sebagai pemeriksaan dasar terkait keluhan yang dirasakan. Sebab, banyak warga yang tidak tahu terkait keluhannya, seperti hipertensi dan diabetes. Oleh karena itu, bakti sosial ini sebagai upaya promosi kesehatan dengan memberikan edukasi yang tepat.

Baca juga:  Miris, Ayah Tega Perkosa Anaknya Berkali-kali

“Selamat memperingati hari aksara internasional. Semoga kegiatan literasi berjalan serta semua pihak saling mensupport,” ungkap dr Naufal Aria.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Disdukcapil, Kabupaten Pati, Sutikno Edi. Pihaknya berterima kasih kepada TBM Omah Buku Kosmasari yang telah menginisiasi layanan adminduk bagi masyarakat. Dia berujar kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali di waktu yang akan datang.

“Kita membantu untuk perekaman e-KTP, jadi kegiatan yang diselenggarakan TBM Omah Buku Kosmasari itu sangat membantu pemerintah terlebih masyarakat yang belum melakukan rekam. Di lain sisi, ini juga membantu masyarakat di dalam pengurusan adminduk itu,” terangnya.

Baca juga:  Terkait Deklarasi Kades, Pemkab Pati Didorong Beri Sanksi Tegas

Sementara itu, Ketua TBM Omah Buku Kosmasari, Muhammad Syihabbudin mengatakan, kegiatan ini sudah dilakukan ke enam kalinya. Pihaknya menyampaikan harapannya ke depan bisa bergandengan tangan, berkolaborasi berbagai komunitas dan element untuk kemajuan literasi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam kegiatan ini sebagai upaya mendukung gerakan literasi,” tandasnya. (lut/fat)