Kudus  

Tingkatkan Minat Baca Melalui Pameran Buku

PILIH: Para pengunjung bazar Kudus Islamic Book Fair 2023 tampak sedang melihat-lihat buku, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dalam rangka semarak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kudus yang ke-474, Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menggelar Kudus Islamic Book Fair 2023. Pada kegiatan ini, mereka menggandeng komunitas literasi Paradigma Institute (Parist) sekaligus untuk meningkatkan minat baca mahasiswa. Agenda tersebut berlangsung sejak Jum’at (8/9) hingga Rabu (23/9).

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Kudus, Nur Said mengungkapkan, agenda yang pihaknya selenggarakan menjadi yang pertama melibatkan kerja sama dan bazar buku. Pihaknya berencana untuk menjadikan kegiatan tersebut menjadi agenda rutin tahunan.

Baca juga:  Polres Kudus Cek Kesehatan Puluhan Penyandang Disabilitas

“Sesuai dengan tema yang diangkat. Menyemai kembali spirit waliyul ilmu sunan Kudus. Membangkitkan semangat anak muda, pelajar, hingga mahasiswa untuk melek terhadap literasi,” tuturnya.

Dirinya menuturkan, agenda yang digelar dirasa mampu memantik rasa kepedulian mahasiswa akan pentingnya literasi.  Menurutnya, agenda bernuansa literasi harus terus digalakkan di kampusnya, agar dapat menjadi cermin bagi universitas yang lain akan giat literasi nya.

“Kampus ini kan sedang dalam proses transformasi ke UIN Sunan Kudus. Jadi, ajang ini juga menjadi kendaraan promosi kepada masyarakat luas,” terangnya.

Baca juga:  BUMDes Utama Karya Rahtawu Masih Terkendala Pemahaman

Sementara itu, salah satu pengunjung Kudus Islamic Book Fair, Munawaroh Rahmawati mengaku cukup senang dengan adanya kegiatan tersebut. Lantaran, ia tergolong suka membaca dan aktif mengikuti agenda bazar buku seperti ini.

“Menurutnya saya cukup menarik agenda ini. Ada bedah buku, sekaligus ada bazar nya juga. Terlebih banyak diskon. Jadi, sekalian beli beberapa buku,” ujarnya. (cr3/fat)