Pati  

Disabilitas dan Warga Miskin Bakal Terima Bantuan

Tri Haryumi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinsos P3AKB Pati. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) menyebut disabilitas dan warga miskin yang belum Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan tersebut menggunakan dana inflasi.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinsos P3AKB Pati, Tri Haryumi mengatakan, bantuan kepada warga miskin yang belum masuk DTKS masih dalam proses. Diperkirakan akan dilaksanakan beberapa waktu mendatang.

“Kami targetnya sebelum perubahan anggaran sudah selesai. Orang yang tidak mampu dari data banyak yang terlewatkan. Kita serahkan ke desa untuk memvervalkan mana yang layak dan tidak layak,” kata dia, belum lama ini.

Baca juga:  Jelang Pilkada, LKP2A bersama Kesbangpol Berikan Pemahaman Politik ke Mahasiswa

Kemudian bantuan bagi para disabilitas juga masih dalam proses. Tri menyebut jumlah disabilitas di daerahnya terbilang banyak. Yakni berkisar 7 ribu orang jika mengacu data beberapa tahun lalu.

“Disabilitas jumlahnya banyak sesuai dengan data 2021, itu hampir 7 ribu. Disabilitasnya ada yang sedang, ringan, dan berat. Artinya komponen macem-macem. Ada yang psikotis, ada juga yang fisik,” sebutnya.

Sebelum itu, pihaknya juga telah memberikan bantuan kepada seratusan veteran di Kabupaten Pati menggunakan dana inflasi. Mereka masing-masing mendapatkan bantuan yang tunai sebesar Rp 450 ribu.

Baca juga:  Sudewo Didukung 85 Persen Kades

“Dana inflasi ini juga diperuntukkan untuk 155 veteran. Satu mendapatkan Rp 450 ribu dan sudah kita cairkan 1 bulan kemarin. Bentuknya uang tunai,” tandasnya. (lut/fat)