Harga Beras Capai Rp 14.500 per Kg

AKTIVITAS: Salah satu pedagang sembako, Resmi (52) saat menjajakan dagangannya di Pasar Johar Baru Semarang, Selasa (12/9). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Salah satu pedagang sembako di Pasar Johar Baru Semarang, Resmi (52) mengukapkan harga beras saat ini telah mencapai Rp 14 ribu perkilo. Ia menyebut, penyebab dari kenaikan harga tersebut lantaran gagalnya panen padi selama musim kemarau berkepanjangan.

“Kalau untuk 1 karung beras atau 25 kilogram tadinya Rp 395 ribu sekarang jadi Rp 303 ribu. Sedangkan untuk beras premium yang saya jual ini Rp 14.500 per kilo,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng di lapaknya, Selasa (12/9/23).

Sementara itu, salah satu agen beras di Pasar Dargo Semarang, Agus Wijaya mengungkapkan, di gudangnya beras medium 25 kilogram sebelumnya dijual di harga Rp 260 ribu. Lalu, mengalami kenaikan menjadi Rp 310 ribu.

Baca juga:  Panen 400 Kg Bawang Merah di Semarang, Hevearita: Kota Semarang Bisa Daulat Pangan

“Untuk beras kualitas premium naik Rp 30.000 per karung isi 25 kilogram,” katanya.

Sebelumnya, ia menjual beras premium seharga Rp 300 ribu untuk satu karung. Namun, saat ini harganya juga naik menjadi Rp 330 ribu per satu karung isi 25 kilogram.

“Naik sudah dua pekan lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu menyampaikan, terkait dengan kenaikan beras di Kota Semarang, pihaknya akan memberikan fasilitas untuk pendistribusian beras ke Kota Semarang. Salah satunya dengan memberikan bantuan transportasi untuk badan usaha milik petani (BUMP).

Baca juga:  Roemah Difabel Semarang Sidak Ponsel Anak Difabel, Cegah Penyebaran Konten Asusila

“Jadi kita bantu para BUMP agar harga tidak naik dengan cara bantuan transportasi dan biaya untuk packaging atau kemasannya. Sehingga harganya tidak tinggi karena sudah difasilitasi tersebut,” ujarnya. (cr7/mg4)