SD 2 Bacin Tonjolkan Kemampuan Siswa melalui Ekstrakurikuler

ANTUSIAS: Tampak siswa-siswi bersemangat saat mengikuti kegiatan perkemahan pramuka, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sekolah Dasar 2 Bacin, Kecamatan Bae memaksimalkan potensi siswa-siswinya melalui kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti maupun pilihan bagi siswa. Hal itu bertujuan untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengembangkan bakat terpendamnya.

Kepala SD 2 Bacin, Eny Sri Kuswati mengatakan, ada beberapa ekstrakurikuler unggulan di sekolah yang dipimpinnya itu. Seperti, kegiatan pramuka yang wajib diikuti. Terdapat pula kegiatan pengembangan diri pilihan. Seperti seni tari, sempoa, komputer, usaha kesehatan sekolahan dan olahraga.

“Ekstra yang tidak wajib itu ada, tapi semua tergantung pilihan anak-anak. Untuk seni tari kreasi buatan pelatih. Kemudian tari nusantara itu buatan guru. Ada juga seni bela diri seperti wushu, pencak silat,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  H. Masan dan Sam'ani Jalani Fit Proper Tes Bacabup PDIP

Menurutnya, semua siswa-siswi terlihat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang mereka berikan. Hal itu dibuktikan dengan ketika ada sebagian siswa yang perlengkapan kurang dalam mengikuti pramuka langsung bergegas untuk melengkapi.

Selain itu, untuk program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mereka diajarkan bagaimana cara membuat tahu bulat. Kemudian memanfaatkan limbah sampah yang mana barang bekas menjadi sebuah karya yang bernilai.

“Kendati demikian, jika lulus dari SD dan melanjutkan ke SMP yang sederajat, diharapkan anak-anak mondok juga boleh. Karena wajib belajar itu hingga 12 tahun dari SD sampai SMA,” tandasnya.

Baca juga:  Sam’ani Intakoris Gandeng Partai Non Parlemen

Maka, ia menekankan agar anak harus tetap sekolah setelah lulus SD. Apabila ada yang putus sekolah setelah lulus dari kelas 6, dia bisa belajar mandiri mengenai belajar dalam pembuatan tahu. Nantinya pihak sekolah akan memanggil tukang tahu.

“Kita nanti bisa memanggil tukang tahu untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak supaya bisa membuat sendiri dan diperjualbelikan,” tukasnya.

Selain itu, pihaknya berencana akan menambah murid lagi. Hal ini lantaran SD 2 Bacin telah mendapatkan predikat sekolah berkemajuan terbaik bernama bos kinerja. Yakni, tentang peningkatan terbaik se-Kecamatan Bae. (cr12/fat)