SD IT LHI Ajarkan Perbedaan kepada Anak melalui Nusantara Mini Expo

BERAGAM: Siswi SD IT LHI tengah mengenakan pakaian adat yang berbeda-beda sebagai bentuk keberagaman nusantara. (DOK.PRIBADI/JOGLO JOGJA)

SD IT LHI  berhasil mengeluarkan gagasan baru dalam mengajarkan siswa-siswi untuk menghargai sesama. Melalui gelaran Nusantara Mini Expo yang bertemakan Harmony in Diversity, seluruh siswa dapat mengerti dengan baik dan benar mengenai perbedaan.

Kegiatan ini berlangsung dengan acara panen raya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Sekaligus berlangsung menarik yang diawali dari ide sederhana, yaitu mengajak anak-anak untuk memasak sop sayur bersama-sama.

Kepala SD IT LHI, Mulati menyebutkan, bermula dari kesederhanaan tersebut terdapat pesan penting tentang keberagaman yang ingin disampaikan. Pasalnya, dalam panci besar yang berisi sop sayur, terdapat beragam isian seperti brokoli, kentang, sosis, bakso, wortel, kol dan berbagai bumbu lainnya.

Baca juga:  Okupansi Hotel DIY Menurun Dibanding Tahun Lalu

“Sehingga memunculkan rasa yang enak. Inilah awal dari upaya sekolah kami untuk memperkenalkan konsep perbedaan kepada anak-anak,” ujarnya.

ANTUSIAS: Anak didik SD IT LHI antusias
mengikuti gelaran Nusantara Mini Expo
yang bertemakan Harmony in Diversity.

Pihaknya percaya, sejak usia dini anak-anak perlu diajarkan mengenai keberagaman dalam berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam perbedaan suku, ras dan agama. Maka dari itu, diharapkan dapat belajar menghargai dan memahami beragam budaya, tradisi dan latar belakang.

“Dengan begitu, mereka diajarkan untuk menghormati perbedaan-perbedaan yang ada. Serta, menjadikannya sebagai kekayaan yang memperindah kehidupan kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, tema Harmony in Diversity sendiri pada Nusantara Mini Expo dan panen raya P5 ini adalah sebagai pengingat. Pasalnya, semua orang adalah bagian dari satu bangsa yang kaya akan keberagaman.

Baca juga:  SD 2 Burikan Persiapkan MPLS untuk Peserta Didik Baru

“Kita memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga dan merayakan perbedaan-perbedaan tersebut. Maka, dapat hidup dalam harmoni, saling menghormati dan bersatu dalam keberagaman, menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang,” pungkasnya.(cr11/sam)