PjBL Dongkrak Keterampilan Belajar Siswa

Risdiana Wahyuni, S.Pd

Oleh: Risdiana Wahyuni, S.Pd
Guru Kelas SD Negeri Sokokidul, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak

SEKOLAH dasar merupakan masa penting bagi anak untuk mengembangkan kemampuan belajarnya. Pada tahap ini, anak perlu belajar dengan cara yang menyenangkan dan menarik agar mereka tetap termotivasi. Namun, hal berbeda terjadi di kelas 1 SD Negeri Sokokidul Kecamatan Kebonagung. Sebagian besar siswa merasa kurang senang selama pembelajaran karena guru belum menyajikan pembelajaran yang menarik bagi mereka. Hal ini menyebabkan motivasi siswa rendah sehingga keterampilan belajar siswa pun belum maksimal.

Selamat Idulfitri 2024

Maka salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas 1 adalah melalui pembelajaran berbasis proyek (PjBL).

PjBL merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berorientasi proyek. Model ini menitikberatkan pada proses pembelajaran melalui pengalaman langsung dalam menyelesaikan proyek yang kompleks dan bermakna. Dalam PjBL, siswa dihadapkan pada permasalahan yang sulit dan harus bekerja sama untuk menyelesaikannya.

Ada beberapa kelebihan mengenalkan PjBL di kelas 1 SD, seperti: Meningkatkan kemampuan belajar siswa dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Meningkatkan motivasi siswa dan belajar aktif. Mengembangkan keterampilan kritis, kreatif, dan pemecahan masalah siswa. Serta meningkatkan keterampilan kerjasama dan komunikasi siswa.

Langkah-langkah pelaksanaan PjBL di kelas 1: 1)Tentukan topik proyek: Cocokkan tingkat perkembangannya dan sesuaikan minatnya Pilih topik proyek dari para siswa. 2)Membuat rencana proyek: Membuat rencana yang jelas untuk tujuan proyek Anda, langkah kerja, dan sumber daya yang diperlukan. 3)Implementasi Proyek: Memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa yang mengerjakan proyek. 4)Mempresentasikan Hasil Proyek: Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil proyeknya di depan kelas. 5)Evaluasi Proyek : Mengevaluasi proses dan hasil proyek untuk menentukan efektivitas pembelajaran.

Seperti halnya penerapan PjBL di kelas 1 SD Negeri Sokokidul Kecamatan Kebonagung dalam topik proyek membuat taman kelas melalaui beberapa langkah: 1)Silakan pilih jenis tanaman yang akan ditanam. 2)Tanamlah tanaman di taman kelas. 3)Merawat tanaman bersama-sama. 4)Presentasi Hasil Proyek: Siswa mempresentasikan jenis tanaman yang ditanam dan cara merawatnya. 5)siswa membuat poster tentang manfaat taman kelas.

Kesimpulan Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas 1 di SD Negeri Sokokidul Kecamatan Kebonagung. Model ini membantu siswa belajar dengan cara yang menyenangkan dan menarik, meningkatkan motivasi, aktivitas, keterampilan kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. (*)