Pati  

Sampah Penuhi Sungai di Wotan Pucakwangi

MEMPRIHATINKAN: Kondisi sungai di Desa Wotan Pucakwangi Pati yang dipenuhi tumpukan sampah, Rabu (20/9/23). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Kondisi sungai yang berada di Desa Wotan, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati nampak memprihatinkan. Pasalnya, aliran sungai tersebut dipenuhi oleh tumpukan sampah rumah tangga.

Salah satu warga sekitar, Sulton Mana mengatakan, sungai tersebut memang menjadi tempat favorit oknum masyarakat untuk membuang sampah. Kondisi semacam itu disebutnya sudah berlangsung lama.

“Ini sebenarnya memang sudah dari dulu. Tapi tidak hanya dari Wotan saja. Ada yang dari warga lain yang mengalir terus berhenti di sini,” ucap dia, Rabu (20/9/23).

Menurutnya, alasan warga membuang sampah di sungai tersebut lantaran tidak adanya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di sekitar lokasi. Hal tersebut dinilai membuat tumpukan sampah tak terhindarkan.

Baca juga:  Ki Ageng Penjawi, Tokoh yang Namanya Diabadikan

“Di sini memang tidak ada tempat sampahnya. Jadi warga juga seenaknya membuang sampah. Kalau misalkan ada air yang terseret ngumpul di bawah jembatan itu,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo mengungkapkan bahwa pihaknya perlu berkoordinasi dengan Pemerintah desa (Pemdes) setempat. Yakni untuk mengambil tindakan penanganan sampah di sungai tersebut.

“Yang pertama tetap kita koordinasi. Perlu adanya dukungan dan kerjasama dengan Pemdes supaya kegiatan pengelolaan sampah di sungai tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama. Kita tidak bisa kalau kemudian dari atas ke bawah kemudian melakukan tindakan yang tanpa support dari pemerintah desa setempat,” sambung Tulus. (lut/fat)