Figur  

Sempat Gagal, Mufti Akhirnya Lolos Duta Inspirasi Indonesia Batch 10

Mufti Putri Dewi Buana
Mufti Putri Dewi Buana. (DOK.PRIBADI/JOGLO JOGJA)

MENDAPATKAN penghargaan dari Pemerintah RI merupakan sebuah kebanggaan. Hal ini dirasakan oleh salah satu perempuan asal Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta, Mufti Putri Dewi Buana (21). Yang lolos seleksi Duta Inspirasi Indonesia Batch 10 2023.

Gadis yang kerap disapa Mufti ini mengaku, sejak Sekolah Dasar sangat menyukai dunia membaca dan menulis. Bahkan sampai saat ini, dirinya masih menyukai dua hal tersebut dan dibilang kutu buku oleh temannya

.“Dulu saya juga mengikuti ekstrakurikuler paduan suara tingkat SMK dan mendapat juara 1, giat prestasi menyanyi bersama pada kegiatan Kemah Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta 2018,” ungkapnya.

Baca juga:  Keluar dari Zona Nyaman untuk Raih Impian

Dara berparas ayu yang tengah mengenyam pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) program studi Ilmu Komunikasi ini, semenjak berkuliah aktif mengikuti lomba kepenulisan tingkat nasional. Bahkan, meraih Juara 2 Essay Dasalomba FIP UNY dan Juara 3 Essay Demokratia National Competition UNS.

“Baru-baru ini saya mengikuti kompetisi dari Kemendikbudristek, salah satunya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan mendapatkan pendanaan insentif PKM-GFT selaku ketua tim. Dengan judul proposal Receiver Arjuna: Signal Ka-Band Free Access Guna Mewujudkan Digitalisasi Daerah 3T Berkemajuan di Masa Depan,” imbuhnya.

Selain mengikuti beberapa lomba dan mengukir prestasi, Mufti aktif di Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi menjadi Koordinator Divisi Penelitian dan Pengembangan periode 2022/2023. Serta mengabdi menjadi volunteer sejak 2021 hingga sekarang di Komunitas Sinau Bareng.

Baca juga:  Tetap Produktif meski Mengidap Kista di Usia Muda

“Terkadang saya tetap meneruskan impian untuk menjadi Duta Pemuda Kulon Progo 2021. Meskipun sempat gagal, tahun berikutnya saya mencoba mendaftar lagi dan hanya lolos seleksi administrasi. Terakhir di 2023 saya juga gagal,” tuturnya.

Maka dari itu, melihat Duta Inspirasi Indonesia Batch 10 tengah membuka pendaftaran, ia tertarik mengikutinya. Meskipun, sebelumnya telah mengikuti seleksi di Batch 6 dan mengalami kegagalan.

“Dalam seleksi Duta Inspirasi Batch 10 ini, saya benar-benar memaksimalkan setiap proses seleksi dan Alhamdulillah lolos. Tentu ini menginspirasi generasi muda dan berkontribusi nyata dalam membangun Indonesia Emas 2045. Serta, membuat saya berpikir ini tempat yang tepat,” ujarnya.

Baca juga:  Ketidaksengajaan Berbuah Jadi Kesenangan

Mengikuti pemilihan Duta Inspirasi Indonesia menjadi sebuah tantangan baginya. Sekaligus, untuk mengukur potensinya dalam bersaing bersama ribuan generasi muda yang ada di Indonesia.

“Selalu mencari ilmu dimanapun kita berada dan gunakan kesempatan yang mampir. Saya berharap dapat menginspirasi untuk menggunakan kesempatan status mereka menjadi mahasiswa dalam mengeksplor diri dan berprestasi. Salam tangguh dan teruslah berprestasi,” pungkasnya.(cr11/sam)