Kudus  

Harga Pangan Naik, Ribuan Warga Kudus Terima Bantuan Beras

TERIMA: Tampak salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang membawa beras sebesar 10 kg, Selasa (3/10/23). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus telah memberikan bantuan ribuan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Hal itu dilakukan karena belakangan ini harga pangan mulai merangkak naik.

Menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) harga rata-rata beras kualitas bawah I awal pekan ini bercokol di angka Rp 13.300 per kg. Harga tersebut naik Rp 100 dari akhir pekan lalu. Harga beras kualitas bawah II naik Rp 50 menjadi Rp 13.050 per kg. Lalu, harga beras kualitas medium I naik Rp100 menjadi Rp 14.450 per kg.

Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Keluarga Miskin pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas Sosial P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Yuni Saptorini mengatakan, pihaknya telah melaksanakan dan menyalurkan beras di tahap pertama pada Maret hingga Mei lalu. Sedangkan tahap kedua Oktober, hingga Desember.

Baca juga:  Dinas PMD Kudus Ingatkan Tugas Pokja Prodeskel dalam Rapat Koordinasi

“Penyaluran beras tahap pertama itu sudah terlaksana. Kemudian tahap dua ini untuk alokasi Oktober hingga Desember,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, Selasa (3/10/23).

Akan tetapi, kata dia, penyaluran beras Bulog ke desa untuk distribusinya tahap kedua dilaksanakan akhir September. Sedangkan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah terdata sebanyak 51.160 yang masing-masingnya menerima 10 kg beras.

“Pada tahap dua ini mencapai 51.160 KPM yang menerima bantuan beras dengan dikalikan sebanyak  10 kg berarti,” tuturnya.

Diketahui penerima beras untuk rincian wilayah Kecamatan Bae sebanyak 3.909, lalu penerima dari Kecamatan Dawe sebanyak 8.198. Kemudian Kecamatan Gebog sebanyak 5.860 penerima, dilanjut 6.103 penerima dari Jati, dan Kecamatan Jekulo penerimanya sebanyak 7.838.

Baca juga:  Pemkab Kudus Pantau Perkembangan Perbaikan Stadion Tim Macan Muria

“Untuk Kecamatan Kaliwungu sebanyak 4.678 penerima, Kecamatan Kota sebanyak 3.307 penerima, Mejobo sebanyak 5.513 penerima, dan Undaan sebanyak 5.754 penerima,” ungkapnya.

 

Yuni melanjutkan, untuk distribusi beras bulog yang sudah tercatat di 132 desa dropingnya terakhir di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo kemarin dan belum menuju kepada KPM. Jika sudah pastinya akan segera dilakukan droping.

“Semua penyaluran KPM sudah terlaksana tapi ada desa yang kurang jadi belum bisa merekap keseluruhan. Tetapi secara hitungan hampir 100 persen sudah tersalurkan meski saya belum mendapatkan data detailnya,” ucapnya.

Baca juga:  Kader Digital Ajak Masyarakat Ikuti Pelatihan

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas CP menyampaikan, kondisi persediaan ketahanan pangan di Kota Kretek menurutnya masih aman. Mengingat, Kudus masih memiliki cadangan beras dari Pemerintah Pusat yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak.

”Kami masih punya cadangan pangan dari Pemerintah Pusat yang bisa digunakan saat kondisi darurat dan lain sebagainya,” pungkasnya. (cr12/fat)