Pati  

Target Investasi Terkejar, Hanya Kurang 3 Persen

ILUSTRASI: Pendaftaran perizinan di Mal Pelayanan Publik, belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati optimistis target investasi yang masuk pada tahun ini bakal terkejar. Mengingat, realisasi investasi di Pati saat ini hampir menyentuh target yang telah tetapkan.

Target investasi di Pati pada tahun ini ditetapkan sebesar Rp 1,162 triliun. Sementara berdasarkan data DPMPTSP Pati di triwulan kedua, realisasi investasi sudah mencapai 97 persen atau hanya kurang 3 persen dari target yang ditetapkan.

“Realisasi investasi sudah Rp 1,123 triliun. Sedangkan target investasi yang ditetapkan pada 2023 ini senilai Rp 1,162 triliun atau setara dengan 97 persen,” papar Kepala DPMPTSP Pati, Riyoso, belum lama ini.

Baca juga:  Warga Binaan Lapas Pati Dinyatakan Nonreaktif HIV/AIDS & Sifilis

Dia menjelaskan, capaian tersebut dibagi menjadi dua. Penerimaan triwulan pertama yaitu Rp 850 miliar. Sedangkan penerimaan triwulan kedua dengan jumlah Rp 272 miliar.

Investasi tersebut berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) serta Penanaman Modal Asing (PMA). Realisasi investasi dari PMDN sebesar Rp 1 triliun. Sementara realisasi investasi dari PMA mencapai Rp 100 miliar.

Sejumlah perusahaan juga disebut baru masuk. Di antaranya PT Rama Cipta Internasional (PMA) dan Perdagangan Arang Briket di Desa Penambuhan, Kecamatan Margorejo.

Pihaknya berharap penanaman investasi di Pati membangkitkan perekonomian masyarakat. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga di daerahnya.

Baca juga:  Jelang Pilkada, LKP2A bersama Kesbangpol Berikan Pemahaman Politik ke Mahasiswa

“Diharapkan dengan penanaman investasi di Kabupaten Pati itu mampu meningkatkan perekonomian daerah. Sekaligus secara lebih jauh mampu menggeliatkan sektor ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (lut/fat)