Cegah Kekerasan Jalanan pada Remaja

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan
Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengajak para orang tua memberikan perhatian lebih kepada anak. Hal itu untuk mencegah kasus kejahatan jalanan yang sempat marak di DIY.

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan menginginkan, agar orang tua lebih berperan aktif menjaga anak-anaknya di rumah. Serta senantiasa memberikan perhatian lebih pada mereka.

“Mereka melakukan kejahatan jalanan sebagai bentuk pembuktian, ingin mendapatkan pengakuan dan dapat terkenal di kalangan teman-temannya. Sehingga orang tua harus bisa memberikan pengertian terkait pergaulan,” ucapnya.

Baca juga:  Usulkan Calon di Pilkada dari Golkar

Menurutnya, keberadaan anak-anak di luar rumah harus dibatasi, maksimal sampai dengan pukul 22.00 malam. Apabila anak belum kembali ke rumah, maka harus menghubungi anaknya.

Sementara itu, saat ini kejahatan yang dilakukan oleh anak mulai menunjukkan eksistensinya. Seperti mulai mencari celah untuk menghindari personel polisi yang sedang patroli di lapangan.

“Kami mengenalkan program ibu memanggil, maksudnya harus menghubungi anaknya sebanyak 10 kali. Apabila tidak terhubung dan tidak ada balasan silakan berkoordinasi dengan Polri atau TNI. Serta, bisa menghubungi bhabinkamtibmas dan babinsa untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Baca juga:  Beri Manfaat, Dewan Apresiasi Padat Karya

Menurutnya, dengan adanya program tersebut diharapkan peran dari para ibu bisa lebih aktif untuk memberikan perhatian kepada anak-anaknya. “Saat ini kami telah menyebar personel di titik-titik wilayah Jogja. Untuk mempersempit ruang gerak mereka,” imbuhnya.(cr13/sam)