DKUKMPP Bantul Dorong UKM Fashion Tembus Pasar Internasional

APIK: Fashion show pakaian adat Jawa dengan berbagai motif dan karakter yang ditampilkan pada Symphony Gumuk Pasir, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Bantul mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) fashion agar semakin meningkat. Sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun merambah ke pasar luar negeri.

Kepala DKUKMPP Bantul Agus Sulistiyana mengatakan, di 2024 mendatang akan bermitra dengan balai besar milik kementerian perdagangan. Dengan tujuan untuk menggencarkan pelatihan UKM yang sudah memiliki potensi produk ekspor, tapi belum bisa melakukanna dan atau hanya menitipkan kepada pelaku eksportir.

“Untuk UKM fashion saat ini sedang kita dorong agar lebih maju. Karena ternyata banyak anak muda yang tertarik untuk mengembangkannya. Serta, fashion peluang pasarnya sangat tinggi, disebabkan jumlah pertumbuhan penduduk makin tinggi dan semakin banyak masyarakat sejahtera. Maka, kami saat ini melakukan pelatihan labelling ekspor,” paparnya.

Baca juga:  Pacu Pertumbuhan Ekonomi Petani melalui EKI

Pihaknya mengungkapkan, sudah melakukan pendataan terhadap UKM yang akan ditingkatkan levelnya. Selain itu, juga sedang berupaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN). Dengan demikian, UKM di dorong menjadi berkualitas.

“Supaya anak-anak muda suka dengan produk dalam negeri, dengan cara terus menyosialisasikan pada mereka agar menggunakan produk itu. Sekaligus, kita usahakan para pengrajin agar memiliki sertifikat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), supaya semakin terpercaya,” tandasnya.(cr13/sam)