Jepara  

Peduli Ekosistem Sungai, Agus Sutisna Tebar Ribuan Benih Lele di Sungai Tambak Watu

SIAP DITEBAR: Jeriken berisi bibit ikan diturunkan dari pick up untuk disebar di Sungai Tambak Watu Desa Senenan, Minggu (8/10/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Dalam upaya merawat ekosistem sungai, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jepara, Agus Sutisna menebarkan 1000 bibit ikan lele di Sungai Tambak Watu Desa Senenan, pada Minggu (8/10/2023).

Tujuan diadakannya penyebaran ikan ini adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan/ekosistem perairan umum, khususnya sungai dan menambah ketersediaan stok ikan di perairan umum.

Agus Sutisna mengimbau masyarakat agar ikut aktif menjaga dan mengawasi, sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga. Masyarakat juga hendaknya tidak menangkap ikan yang masih kecil, serta memberi kesempatan agar ikan tersebut menjadi besar dan berkembang biak sehingga manfaatnya menjadi jauh lebih besar.

Baca juga:  KPU Jepara Pastikan Coklit Tuntas 100 Persen

“Masyarakat juga diminta tidak menggunakan alat tangkap ikan yang merusak kelestarian lingkungan dan ekosistem seperti menggunakan racun, strum, atau listrik yang akan merusak kelangsungan hidup ikan,” pesannya.

Setelah dilakukannya penebaran benih ikan lele di Sungai Tambak Watu, Agus Sutisna dan Karang Taruna Putu Sentana membuat event lomba mancing yang pesertanya seluruh masyarakat Jepara.

“Dengan diadakannya lomba mancing tersebut diharapkan dapat menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga eskosistem sungai dari cara tangkap yang ilegal. Supaya nantinya generasi kedepan dapat menikmati biota hasil sungai yang secara mudah didapatkan,” kata Agus.

Baca juga:  Kasus Bank Jepara Artha, DPRD Gunakan Hak Interpelasi dan Bentuk Pansus

Turut hadir petinggi Desa Senenan, Agus Sutisna, Ketua dan Pengurus Karang Taruna Putu Sentana, serta tamu undangan lainnya. (hms/mg4)