UIN Walisongo Jalin Kerjasama dengan MAN-PK Seluruh Indonesia, Siapkan Beasiswa untuk Siswa Terbaik

Penandatanganan kerjasama UIN Walisongo Semarang dengan seluruh Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan(MAN-PK) diseluruh Indonesia yang dilaksakan di Gedung KH Zubair Al Jaelani Planetarium UIN Walisongo pada Kamis(12/10/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menjalin kerjasama dengan seluruh Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan(MAN-PK) diseluruh Indonesia. Penandatanganan kerjasama dilaksakan di Gedung KH Zubair Al Jaelani Planetarium UIN Walisongo pada Kamis (12/10/2023).

Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Imam Taufiq,M.Ag. serta Wakil Rektor Bidang Alumni, Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Achmad Arief Budiman,M.Ag. dan kepala sekolah perwakilan dari masing MAN-PK.

Kerjasama antara UIN Walisongo dan MAN-PK dalam bidang penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. UIN Walisongo menyiapkan sejumlah Beasiswa untuk siswa-siswi terbaik MAN-PK. Beasiswa yang diberikan berupa nol UKT selama 8 semester dan siswa diberikan kesempatan untuk memilih program studi yang akan dipilih di UIN Walisongo. UIN Walisongo menyiapkan beasiswa untuk siswa siswi terbaik MAN-PK melalui Penerimaan Mahasiswa Jalur Kerjasama. Seleksi akan dilakukan langsung oleh UIN Walisongo untuk melakukan konfirmasi kemampuan dengan hadir langsung ke masing masing MAN-PK.
Prof.Dr.Imam Taufiq, M. Ag.

Baca juga:  Bangun Kesadaran Bersama, Peduli Penyintas HIV/AIDS

Rektor UIN Walisongo menyampaikan UIN Walisongo membutuhkan calon mahasiswa yang unggul tidak hanya dalam keilmuan umum tetapi juga santri yang bisa membaca kitab dan hafal Al Quran. Mahasiswa yang bisa berkompetisi di internasional dan berprestasi diberbagai bidang. Melalui distingsi tersebut, UIN Walisongo membutuhkan siswa siswi yang berkualitas untuk capaian rekognisi.

“ UIN Walisongo memiliki 61 persen program studi yang terkareditasi A dan Unggul. Kami membutuhkan siswa siswi berkualitas, salah satunya adalah siswa terbaik di MAN-PK. Kita ingin menambah daya kompetitif dengan menjemput siswa yang unggul di MAN-PK. Selain itu kami akan memberikan beasiswa full nol UKT selama 8 Semester, ”lanjutnya.

Baca juga:  Jadwal Lengkap PPDB Jateng 2024 untuk SMA dan SMK

Prof Imam Taufiq yang juga merupakan alumni MAN-PK Jember menyampaikan “Kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari mandatori Kementrian Agama untuk Universitas Islam Negeri memberikan beasiswa kepada MAN –PK dan MAN Insan Cendekia yang sama sama dibawan naungan Kemenag. Jika sebelumnya beasiswa diberikan untuk program studi tertentu, di tahun ini Siswa siswi terbaik MAN-PK dibebaskan untuk memilih program studi yang diinginkan,” pungkasnya.

Ketua Forum MAN-PK se-Indonesia yaitu Drs. Anwaruddin,M.Si. yang juga merupakan Kepala MAN 1 Jember menyampaikan “Semoga silaturahmi ini membawa kabar bahagia dan menjadikan siswa siswi MAN-PK termotivasi untuk melanjutkan kuliah di UIN Walisongo. Bagi kami Ruhnya madrasah itu MAN-PK melahirkan lulusan menjadi ulama yang intelektual. Disayangkan apabila siswa terbaik MAN-PK tidak melanjutkan di PTKIN. Lulusan kami saat ini yang sudah menjadi guru besar sebanyak 56 orang. Kami menyambut baik sinergi dan kolaborasi dengan UIN Walisongo. Agar lulusan terbaik bisa melanjutkan di UIN Walisongo,” pungkasnya.

Baca juga:  Mayat Perempuan Ditemukan Mengapung di Dermaga Nelayan Tambaklorok

Sebanyak 10 MAN PK yang menandatangani nota kesepahaman yaitu MAN 4 Jombang, MAN 1 Jember, MAN 1 Yogyakarta, MAN 1 Surakarta, MAN 1 Ciamis, MAN 2 Kota Padang Panjang, MAN 2 Mataram, MAN 2 Samarinda, MAN 3 Makasar, MAN 4 Banjar.

Acara ditutup dengan mengajak seluruh Kepala Sekolah Man-PK menikmati show Planetarium UIN Walisongo yang merupakan planetarium dibawah naungan perguruan tinggi terbesar ketiga terbaik. (hms/rds)