Pati  

Enam OPD di Pati Dijabat Plt

Kepala Bidang Mutasi dan Promosi pada BKPP Pati, Aziz Muslim
Kepala Bidang Mutasi dan Promosi pada BKPP Pati, Aziz Muslim. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pati pada tahun ini dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt). Namun hingga kini belum ada rencana pengisian pimpinan pada dinas-dinas tersebut.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menyebut saat ini setidaknya ada enam OPD yang dipimpin Plt. Sementara hal tersebut bisa terjadi karena banyak pejabat yang purna tugas.

“Kekosongan pos jabatan tersebut dikarenakan banyak pejabat yang telah memasuki masa purna tugas. Ini sejak beberapa bulan terakhir,” kata Kepala Bidang Mutasi dan Promosi pada BKPP, Aziz Muslim.

Baca juga:  Soal Deklarasi Kades, Pj Bupat Pati: Aku Ora Mudeng

Kepala OPD yang dijabat Plt yakni antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades). Kemudian  ada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dan Direktur UPT RSUD RAA Soewondo pada Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kekosongan tersebut mengakibatkan sejumlah kepala OPD merangkap jabatan menjadi Plt di dinas lain. Di antaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tulus Budiharjo merangkap Plt Disdikbud, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Teguh Widyatmoko menjadi Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Baca juga:  Kekeringan Landa Dua Desa di Pati

Selanjutnya ada Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), Tri Hariyama yang menjadi Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (Dispermades). Kemudian Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan, dan SDM Sutikno menjadi Plt Kepala Disdukcapil, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Riyoso menjadi Plt Kepala DPUTR, serta Plt Direktur RSUD Soewondo dijabat Hartotok.

Saat dimintai tanggapan terkait rencana pengisian kekosongan jabatan tersebut, BKPP Pati belum mengetahui pasti kapan hal tersebut bakal dilaksanakan. Pihaknya masih menunggu instruksi.

“Soal rencana pengisi kekosongan jabatan OPD, kami masih menunggu. Karena itu kebijakan dari pimpinan Pemerintah Kabupaten,” jawab Aziz. (lut/fat)