Wujudkan Lingkungan Belajar Nyaman dengan Menanam Pohon

MENANAM: Siswa-siswi MTs N 6 Sleman sedang melakukan penghijauan di Sekolah dengan menanam beberapa pohon di halaman sekolahnya, Rabu (11/10). (DOK SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

SEKOLAH menjadi tempat terjadinya proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Agar didalam proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan kondusif tentu diperlukan lingkungan yang baik dan nyaman.

Lingkungan sekolah yang asri tidak hanya sekedar membuat suasana sekolah menjadi sejuk karena banyaknya tanaman atau pohon di sekitarnya. Namun, lingkungan yang asri juga menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan manfaat lingkungan sekolah. Baik untuk pembelajaran, ataupun memberikan manfaat lain yang tidak kalah penting.

Pasalnya, tanaman memiliki fungsi yang sangat vital bagi makhluk hidup dan lingkungan. Menjaga dan menanam pohon menjadi upaya yang penting untuk menjaga kelangsungan kehidupan di Bumi.

Menyikapi hal itu, Tim Adiwiyata Tsandiesta (Adista) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Sleman mulai mengadakan aksi perdananya. Aksi yang dilakukan berupa menaman tanaman keras produktif seperti mangga. Kegiatan tersebut, dilangsungkan di halaman madrasah, Rabu (11/10) lalu.

Kepala MTs N 6 Sleman Jazim Kholis mengaku, sangat bersyukur karena Tim Adiwiyata di sekolahnya mulai melangsungkan aksinya. “Alhamdulillah tim Adista mulai bergerak. Salah satu gerakan adalah penghijauan dengan memanfaatkan lahan yang sempit namun bisa produktif,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, Adiwiyata merupakan sebuah kegiatan yang identik dengan pelestarian lingkungan. Sementara, sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang menitikberatkan pada lingkungan dan memiliki program nyata untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam kegiatan belajar-mengajar.

Dalam hal ini, program-program yang dicetuskan mengarah pada pendidikan karakter untuk warga sekolah, khususnya bagi para pelajar. Lebih lanjut ia menjelaskan, adiwiyata adalah program yang bersifat edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan.

“Dalam mewujudkan itu semua tentu membutuhkan waktu yang cukup lama dan kepedulian bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Adiwiyata MTs N 6 Sleman Rini Wijayanti mengaku, pihaknya akan terus bekerjasama dengan tim Adista untuk mewujudkan madrasah  menjadi madrasah yang asri. “Harapan kami bisa dibarengi dengan warga madrasah juga, agar bersama-sama mewujudkan madrasah asri, bersih dan sehat” pungkasnya. (bam/all)