Video Pembelajaran dengan Aplikasi Canva untuk Mempermudah Pembelajaran

Oleh: Wido Aji Wibowo, S. Kom.
Guru TJKT SMK N 1 Purwodadi, Kab. Grobogan

PENDIDIKAN di zaman sekarang merupakan pendidikan di era abad 21. Pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan critical thinking and problem solving, creativity and innovation, communication, serta collaboration.

Oleh sebab itu, guru harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan pembelajaran yang menumbuhkan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik. Salah satunya dengan pemilihan media pembelajaran yang variatif dan berbasis digital sesuai perkembangan pendidikan. Seperti berupa video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva yang diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel materi Instalasi Jaringan Fiber Optik Kelas XI Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) SMKN 1 Purwodadi.

Guru produktif harus selalu siap menghadapi perubahan teknologi yang begitu cepat dengan metode pembelajaran yang cepat serta lebih canggih. Pemberian materi Instalasi Jaringan Fiber Optik ini perlu ada perubahan dalam pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, bukan lagi kepada guru. Sehingga guru harus berani berinovasi dalam pembelajaran.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Perubahan itu terjadi juga pada pembelajaran peserta didik SMK Negeri 1 Purwodadi pada kelas XI TJKT yang saya ajarkan tentang Instalasi Jaringan Fiber Optik.  Pada fase F dalam kurikulum Merdeka Belajar, pembelajaran dituntut untuk menggunakan aplikasi yang nyata untuk praktik dan teori yang selalu beriringan. Sehingga dapat menunjukkan kompentensi peserta didik yang relevan dan menunjukan unjuk kerja nyata.

Selain itu pembelajaran harus dapat menyenangkan peserta didik dan memenuhi kreteria yang telah disyaratkan dalam pembelajaran. Kemudian menunjukan unjuk kerja yang tuntas serta tidak ada remedial.

Materi Instalasi Jaringan Fiber Optik harus diulang-ulang sehingga peserta didik dapat menunjukkan unjuk kerja yang tuntas. Dengan keterbatasan alat dan bahan yang pada saat ini masih kurang dari segi jumlah serta harga yang masih mahal. Sehingga pengulangan praktik pada peserta didik tidak dapat dilaksanakan secara maksimal.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Selain keterbatasan alat dan bahan, praktikum materi Instalasi Jaringan Fiber Optik diperlukan kehati-hatian. Karena bahan yang digunakan termasuk bahan yang berbahaya apabila dilaksanakan dengan ceroboh.

Video pembelajaran memudahkan peserta didik untuk belajar dan bisa diputar sesuai waktu yang dikehendaki oleh peserta didik sendiri sebelum mereka praktik menggunakan alat dan bahan yang sebenarnya. Peserta didik yang telah mempelajari melalui video dapat lebih cepat memahami dan mencapai kompetensi yang dipersyaratkan pada waktu mereka praktik dengan alat yang sebenarnya. Sehingga unjuk kerja yang tuntas dapat cepat tercapai.

Diluncurkan pada tahun 2013, Canva kini menjadi salah satu aplikasi yang digemari karena terbilang mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Canva dapat diakses melalui website, aplikasi PC, maupun handphone. Hal ini tentu semakin memudahkan kita berkreasi dimanapun dan kapanpun.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Dikenal karena kemudahan akses dan penggunaannya, tak heran jika Canva menjadi andalan bagi mereka yang ingin menciptakan konten visual tanpa perlu ahli di bidangnya. Tidak hanya mudah digunakan, Canva juga menyediakan ribuan template yang bisa digunakan oleh pemula dengan sangat mudah. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis menggunakan akaun belajar.id yang sama seperti versi berbayar dengan tambahan tools dan template yang lebih lengkap.

Pemanfaatan media video pembelajaran dengan aplikasi Canva akan mempermudah interaksi antara guru dengan peserta didik dan membantu proses belajar lebih optimal. Dengan perkembangan aplikasi Canva saat ini, dapat mempermudah dan menghemat waktu saya dalam mendesain media pembelajaran. Di samping itu mempermudah dalam menjelaskan materi pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan tuntas. (*)