Perbaikan Jalan Rusak di Bantul Masih Tunggu Antrian

RUSAK: Warga tengah melintas di ruas Jalan Karangjati, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, yang mengalami kerusakan, Senin (23/10/23). (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Banyak terjadinya kerusakan jalan di Kabupaten Bantul, yang belum dilakukan perbaikan hingga saat ini (23/10). Salah satunya di ruas Jalan Karangjati, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, dengan permukaan tidak rata, dipenuhi batu dan kerikil.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul Aris Suharyanta membenarkan, ruas jalan rusak tersebut dan akan diperbaiki di tahun ini. Namun masih menunggu penyelesaian perbaikan jalan lainnya.

“Jalan rusak di Kalurahan Bangunjiwo itu sekitar 600 meter, dan tahun ini sudah kita rencanakan untuk perbaikan. Cuma masih menunggu antri perbaikan ruas jalan kabupaten lainnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Wujudkan Kampung Wisata Bersih & Nyaman lewat CSR

Menurutnya, ruas jalan kabupaten yang mengalami kerusakan sudah terjadi sejak dua tahun belakangan. Namun anggaran untuk perbaikan jalan tersebut sebelumnya dialihkan dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Karena keterbatasan anggaran tersebut, makin banyak ruas jalan yang mengalami kerusakan. Tapi di 2023-2024 kami akan memaksimalkan untuk perbaikan, baik rehabilitasi maupun pengaspalan ulang,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya mengungkapkan, ada 37 ruas jalan yang akan diperbaiki di 2023, dengan panjang 22,15 kilometer. Sekaligus, akan memperbaiki drainase dan talud atau penahan jalan.

“Dari 37 ruas jalan dengan panjang 22,15 kilometer tersebut, yang sudah selesai sekitar 60 persen. Untuk itu sampai akhir tahun, target yang kami rencanakan akan terselesaikan,” pungkasnya.(cr13/sam)