Segarnya Es Gempol Dua Putri di Tengah Cuaca Panas

MENIKMATI: Salah satu pembeli Dea (23) saat mencicipi Gempol Dua Putri di Gedung Utara Lantai 1 Pasar Johar Baru Semarang, Selasa (24/10/2023). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Es gempol menjadi minuman yang sangat cocok dinikmati saat siang hari, di terik panasnya Kota Semarang. Salah satu tempat rekomendasi paling favorit yang tepat untuk dicoba adalah Es Gempol Dua Putri.

Es Gempol Dua Putri berlokasi di Gedung Utara Lantai 1 Pasar Johar Semarang. Tepatnya di samping tangga, dekat dengan lapak pakaian daster batik.

Es gempol sendiri merupakan minuman tradisional khas Kota Semarang yang berisi gempol, pleret, kuah santan, dan gula halus. Gempol dibuat dari beras yang direndam semalaman, kemudian ditumbuk sampai menjadi butiran-butiran tapi tidak terlalu halus. Sedangkan pleret dibuat dari adonan tepung beras yang diberi pewarna.

Gempol dan pleret disiram dengan kuah santan, gula halus, sirup. Kemudian diberi es batu untuk menambah kesegaran.

Salah satu pegawai Es Gempol Dua Putri, Siti Muzaroah (43) mengaku sudah berjualan es gempol sejak tahun 2014. Pertama kali membuka usahanya pun berawal di Masjid Agung Semarang yang direlokasi. Lalu, pada tahun 2022 pindah berjualan di Pasar Johar Baru Semarang.

“Kalau penghasilan per bulan saya kurang tahu. Tapi kalau setiap harinya bisa habis 200 mangkok,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng, Selasa (24/10/2023).

Es Gempol Dua Putri mulai buka dari pukul 11.00 hingga 16.00, dan dihargai Rp 8 ribu per mangkok. Para pembeli juga bisa membawa pulang es Gempol yang bisa tahan lama sampai kurang lebih 5 jam jika kuah santan dan komponen Gempol lainnya dibungkus terpisah.

“Kalau yang beda dari es gempol lain kita pakai sirup khas Welahan Jepara mbak. Tapi kalau mau pake gula putih saja juga bisa,” jelasnya.

Salah satu pegawai swasta asal Kulon Progo, Dea (23) mengatakan dirinya baru pertama kalinya mencoba es Gempol di pasar tradisional. Menurutnya, cuaca panas di Kota Semarang membuat dirinya ingin sekali mencoba es gempol yang dinilai sangat murah di kantong.

“Dengan harga Rp 8 ribu worth it sih. Apalagi Pasar Johar sudah rapi tidak seperti pasar tradisional lainnya. Pasti bakal kesini lagi karena rasanya enak, manis, seger, esnya banyak,” ujarnya. (cr7/mg4)