PMI Kota Semarang Salurkan 135 Tangki Air Bersih

AKTIVITAS: Sejumlah warga saat mengantre air bersih dari truk tangki milik PMI Kota Semarang di salah satu wilayah yang terdampak kekeringan, Senin (30/10/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang melakukan droping air bersih sebanyak 135 tangki ke sejumlah wilayah di Kota Semarang yang masih terdampak kekeringan. Hal itu telah dilakukan sejak akhir Juli hingga Oktober.

Kepala Markas PMI Kota Semarang, Mugiyanto mengatakan, ada beberapa wilayah yang terdampak kekeringan. Di antaranya, Kecamatan Banyumanik, Tembalang, Mijen, dan Ngaliyan.

“Dengan alasan kemanusiaan, kami bahkan juga mengirimkan bantuan distribusi air bersih hingga ke wilayah perbatasan Semarang dan Ungaran,” ucapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  BKKBN Apresiasi Rumah Pelita Semarang dalam Turunkan Stunting

Di sisi lain, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan bahwa pihaknya melalui beberapa OPD telah melakukan pendistribusian air bersih ke beberapa wilayah di Kota Semarang. Setiap harinya terdapat 10 armada, dimana 3 di antaranya dari Dinas Pekerjaan Umum.

“Dua armada dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, empat dari Perusahaan Daerah Air Minum, dan satu armada dari PMI. Jumlah tersebut sangatlah memadai sehingga Insyaa Allah tidak ada kendala dalam hal pendistribusian air bersih,” jelasnya.

Menurutnya, pendistribusian air bersih ini dilaksanakan secara kolaboratif. Apabila terdapat permintaan air bersih, maka Dinas PU, Disperkim, dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), serta PMI akan mendukung distribusi air bersih ke lokasi terdampak kekeringan. (cr7/mg4)