Bawaslu Kota Semarang Awasi Proses Penetapan DCT

AKTIVITAS: Pengawasan terhadap proses penetapan DCT di Kantor KPU Kota Semarang. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Bawaslu Kota Semarang melaksanakan pengawasan pada tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Semarang dalam Pemilu 2024. Pengawasan tersebut dilakukan agar semua partai politik mendapatkan perlakuan yang adil.

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman mengatakan bahwa pihaknya melakukan pengawasan tersebut untuk memastikan jajaran KPU Kota Semarang memberi perlakuan yang adil terhadap semua partai politik peserta pemilu. Diketahui, seluruh perwakilan partai politik (parpol) Peserta Pemilu 2024 hadir dalam penetapan DCT sejak pukul 13.30, Jumat (3/11/2023).

Baca juga:  Bawaslu Perketat Pengawasan Logistik Pemilu 2024 di Semarang

“Seluruh parpol hadir dan diberi kesempatan melakukan pencocokan dummy surat suara Pemilu 2024 saat proses penetapan DCT,” ucapnya melalui keterangan tertulis oleh Joglo Jateng, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia mengimbau agar partai politik peserta pemilu 2024 tidak melakukan pemasangan alat peraga sosial yang menyerupai kampanye setelah pengumuman DCT. Pihaknya juga telah melayangkan beberapa surat imbauan kepada KPU Kota Semarang.

Di antaranya tentang pencegahan sengketa proses pemilu tahapan pencermatan rancangan DCT yang dilaksanakan pada 24 September – 3 Oktober 2023. Kemudian surat imbauan agar KPU melaksanakan tahapan penetapan dan pengumuman DCT sesuai dengan prosedur dan waktu yang diatur dalam perundang-undangan.

Baca juga:  Tim Gabungan Tertibkan APS di Sejumlah Titik

“Kami telah mengimbau KPU Kota Semarang melalui surat, agar melaksanakan tahapan ini sesuai prosedur dan tepat waktu. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, penetapan DCT dijadwalkan pada 3 November 2023. Sementara itu, pengumuman DCT dijadwalkan pada 4 November 2023,” lanjutnya.

Selanjutnya, Arief juga mengajak masyarakat turut mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan pemilu. Seperti, apabila diketahui ada dugaan pelanggaran pemilu diharapakan untuk melaporkannya kepada Bawaslu Kota Semarang

“Laporan bisa disampaikan langsung dengan datang langsung ke kantor Sekretariat Bawaslu Kota Semarang dan panwaslu kecamatan di 16 kecamatan di Kota Semarang,” pungkasnya. (cr7/mg4)