Figur  

Terus Berinovasi Kembangkan Produk

Lestari Garnis Utami
Lestari Garnis Utami. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BAGI seorang wirausahawan, mengembangkan usaha merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Seperti, Lestari Garnis Utami (32), yang tidak pernah berhenti dalam melakukan pengembangan usahanya.

Perempuan asal Banguntapan, Bantul ini, menggeluti usaha fashion dan kerajinan terbuat dari perak dan tembaga yang telah digeluti orang tuanya sejak tahun 90an. Saat ini, dirinya bersama kakaknya berusaha mengembangkan agar semakin diminati masyarakat.

Sementara produk yang dihasilkan, yaitu aksesoris kecantikan, berupa kalung, gelang, cincin, serta aksesoris fashion lainnya. Sedangkan, ada kerajinan seperti miniatur, pigura, hiasan dinding dan sebagainya.

Baca juga:  Kejar Mimpi di Dunia Desain UI/UX

“Mungkin yang membedakan usaha ini yaitu inovasi. Kalau dulu produknya masih universal, misalnya kalung hanya satu jenis saja, meskipun berbeda tapi tidak banyak. Sekarang kami berinovasi seperti perhiasan nusantara. Sehingga bisa memproduksi aksesoris berdasarkan ciri khas daerah tertentu,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk memperluas pangsa pasar, ia sering mengikuti berbagai macam pameran, baik di luar daerah maupun manca negara. “Saya sering mengikuti pameran. Bahkan pernah ikut di luar negeri seperti Brunei dan Bangladesh,” imbuhnya.

Menurutnya, pameran merupakan kesempatan untuk mengenalkan produk yang dihasilkan semakin luas dan bisa mendongkrak penjualan. Namun, baginya modal sukses dalam bisnis yaitu terus melakukan inovasi.

Baca juga:  Biasa Dengarkan Musik, Makhaila Sukses Rilis Lagu

“Bagi saya atau mungkin bagi pengusaha lain, agar terus eksis maka harus selalu berinovasi. Juga berkarya dan uptodate untuk model-model terbaru, jangan sampai ketinggalan zaman,” pungkasnya.(cr13/sam)